Tips Sebelum Konsultasi Psikologi Online agar Efektif

Tips Sebelum Konsultasi Psikologi Online agar Efektif
Tips Sebelum Konsultasi Psikologi Online agar Efektif

Healmind – Simak beberapa tips yang perlu dilakukan sebelum konsultasi psikologi online agar semakin efektif, di sini.

Tips Sebelum Konsultasi Psikologi Online

Sebelum akhirnya melakukan konseling psikologi online, kamu direkomendasikan untuk mengevaluasi keadaan emosimu. Bagaimana langkahnya? Berikut tahapannya:

1. Luangkan Waktu Setiap Hari untuk Memeriksa Diri 

Langkah pertama untuk mengetahui apakah kamu benar-benar tidak baik-baik saja adalah dengan membiasakan diri untuk memperhatikan perasaan ataupun emosi. Coba cek respons stresmu. Ini bisa dicek dengan apakah jantungmu berdebar kencang? Apakah kamu merasa mual? Apakah kamu kesulitan bernapas?

2. Catatlah Pikiran dan Emosi 

Ini dilakukan dengan membuat jurnal ataupun tulisan mengenai perbedaan antara memiliki pikiran atau kekhawatiran negatif dengan terikat dalam pikiran negatif ataupun kecemasan di masa depan. Nilai bagaimana tindakanmu dapat memengaruhi diri sendiri dan orang lain. Jika kamu sampai menyerang orang yang kamu cintai atau berpikir untuk menyakiti diri sendiri, itu pertanda besar kamu perlu berbicara dengan seseorang.

3. Berempati dengan Diri Sendiri

Sadari jika kamu mencoba membantu diri sendiri dan itu tidak efektif, kemudian malah memengaruhi kualitas hidup, inilah saatnya untuk meminta bantuan. Karena saat ini sedang pandemi, satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan konseling psikologi online.***