Tips Meminimalisir Kelelahan dan Kebosanan di Tempat Kerja

Cara Mengelola atau Manajemen Stres
Cara Mengelola atau Manajemen Stres

Healmind – Simak tips meminimalisir kelelahan dan kebosanan di tempat kerja, di sini.

Kelelahan dan kejenuhan di tempat kerja dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain pengaturan shift kerja yang tidak baik, faktor individu (kesehatan baik fisik maupun psikis), jenis kelamin, umur, pendidikan,beban kerja, masa kerja, status gizi dan faktor lingkungan fisik (kebisingan, penerangan, suhu dan tekanan panas, vibrasi dan ventilasi).

Kelelahan fisik dipengaruhi oleh mikroorganisme (biologi), zat kimia, kebisingan dan perubahan circardian rhythms (terutama pada tenaga kerja shift malam) sedangkan kelelahan non fisik disebabkan oleh faktor psikososial baik di tempat kerja maupun di rumah atau masyarakat sekeliling.

Kelelahan dalam bekerja semakin lama dapat menyebabkan kebosanan dalam bekerja. Demikian juga sebaliknya, sehingga agar dapat bekerja dengan optimal sedapat mungkin kita mengurangi faktor penyebab kebosanan dan kelelahan dalam bekerja.

Tips Meminimalisir Kelelahan dan Kebosanan Saat Kerja

Beberapa tips untuk meminimalisir rasa lelah dan kebosanan saat kerja tanpa harus bermalas-malasan sampai mendapat teguran dari atasan  yang dapat kita lakukan antara lain :

  1. Pikirkan hal menyenangkan dari pekerjaan yang anda jalani

Ingat dan pikirkan kembali hal-hal menyenangkan yang Anda peroleh selama menekuni pekerjaan tersebut, selain gaji yang diterima bukankah bekerja dipelayanan umum seperti rumah sakit adalah sama dengan membantu orang lain? Tak salah bila pekerjaan Anda bernilai ibadah ibadah.

Pikirkan juga bahwa betapa banyak orang yang ingin menggantikan Anda di posisi kerja sekarang ini. Jadikanlah hal itu sebagai motivasi untuk kembali bersemangat dalam bekerja.

  1. Gunakan target waktu

Bosan biasanya datang karena memulai pekerjaan dengan mindset yang salah. Kebanyakan orang masuk kerja hanya sekedar untuk menunggu jam pulang saja. Ini membuat 8 jam bekerja itu melelahkan dan jam pulang terasa semakin lama dan membosankan.

Apalagi untuk pekerjaan yang bersifat rutinitas akan lebih cepat membuat bosan. Selalu pasang target waktu dalam menyelesaikan pekerjaan.

  1. Mengkonsumsi minuman atau camilan yang sehat.

Mengkonsumsi minuman atau camilan yang sehat di sela- sela jam bekerja juga dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa bosan saat bekerja.

Selain meningkatkan mood, hal ini juga akan memotivasi Anda untuk bekerja kembali. Kegiatan ini dapat dilakukan pada waktu- waktu yang memungkinkan untuk rehat sejenak dan dilakukan di pantry atau ruangan khusus, tidak dilakukan ketika pelayanan berlangsung.

  1. Mendengarkan Musik

Bila pekerjaan yang sedang dilakukan memungkinkan untuk dapat mendengarkan musik, maka alunan musik dapat diperdengarkan. Sesuaikan jenis musik yang didengar dengan selera dan kegiatan yang dilakukan sehingga alunan musik justru tidak memecah konsentrasi kita.

Ketika mengerjakan tugas yang berhubungan erat dengan ketelitian dapat diiringi dengan instrumental lembut. Sebuah penelitian membuktikan bahwa tingkat konsentrasi dan kecerdasan bisa meningkat ketika melakukan aktivitas dengan mendengarkan musik instrumental klasik.

  1. Berusaha mencari kepuasan dalam bekerja

Kita wajib bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi ( Tupoksi ) yang dibebankan kepada kita dengan baik, tapi kita juga harus berusaha mencari kepuasan dalam bekerja.

Kepuasan dalam bekerja bukan identik dengan gaji atau fasilitas yang kita dapatkan. Tetapi lebih bersifat rohaniah dimana kita merasa bahwa kerja kita dapat membawa manfaat yang besar baik bagi pasien, keluarga, rekan kerja dan diri kita sendiri.

  1. Mengobrol dengan Rekan Kerja Anda

Terlibat pembicaraan dengan rekan kerja atau mengobrol santai dapat dilakukan di dalam tempat kerja selama tidak mengganggu suasana dan pekerjaan. Hindari gurauan yang bersifat tidak sopan atau menyinggung orang lain. Selain mengurangi kebosanan, hal ini juga dapat membangun hubungan baik dan kerja sama dengan rekan kerja.

  1. Bekerja Cerdas

Tarik garis lurus yang tegas antara “kerja keras” dan “kerja cerdas”. Lakukan pekerjaan sesuai prosedur serta mulailah bekerja sebagai team work, yaitu bekerja bersama dengan tujuan yang sama dan target yang sama sehingga tidak akan terjadi kecemburuan dalam bekerja yang akan mengakibatkan pekerjaan tidak beres atau tidak selesai pada waktunya.

  1. Berolahraga ringan setelah pulang dari bekerja

Olahraga atau gerak badan yang ringan mampu mengusir stress dan penat. Mungkin Anda sudah lelah seharian berkutat dengan pekerjaan rutin namun, dengan bersepeda santai, berenang, aerobik, anda bisa mendapatkan badan kembali segar, serta menghilangkan rasa tertekan pada rutinitas kerja Anda.

Kegembiraan ataupun kesegaran yang didapatkan bisa memacu hormonhormon yang dapat mengurangi rasa capek dan penat dari bekerja. Tentunya aktivitas ini harus disesuaikan dengan kondisi kegiatan di rumah dan kondisi kesehatan anda.

  1. Berusahalah menjadi panutan atau contoh yang baik bagi lingkungan anda

Berusaha berlaku positif selama bekerja dan berusaha untuk dapat menjadi contoh yang baik bagi lingkungan sekitarnya akan membuat kita semakin bersemangat dalam bekerja.

Bukan dengan tujuan untuk mendapat pujian atau tambahan bonus tetapi dilakukan dengan ikhlas dengan harapan dapat membawa energi positif dan perubahan yang baik bagi lingkungan kerja dapat menjadi cara jitu sebagai inspirasi bagi Anda untuk menambah motivasi bekerja.

Apapun posisi jabatan atau apapun jenis pekerjaan kita bila dilakukan dengan baik selalu bisa menjadi inspirasi bagi orang- orang di sekitar kita.

Itulah tips meminimalisir kelelahan dan kebosanan di tempat kerja.***