Tanda-tanda Seseorang Sudah Pulih dari Trauma

Mengenal Apa itu Hipnoterapi, Kegunaan, dan Manfaatnya
Mengenal Apa itu Hipnoterapi, Kegunaan, dan Manfaatnya

Healmind – Simak tanda-tanda seseorangh sudah pulih dari trauma, di sini.

Dilansir dari laman Psychology Today, trauma yang sembuh memiliki tanda-tanda yang bisa dirasakan. Tentu proses ini tidak langsung mengarah ke sembuh total, namun bisa menjadi tanda pemulihan trauma.

Berikut tanda-tana seseorang sudah mulai pulih dari taruma, dikutip dari Psychology Today:

Meminimalisir Rasa Ragu

Menurut pakar, tanda bahwa kamu akan pulih dari trauma yaitu keraguan yang dirasakan di dalam diri menjadi lebih sedikit.

Kamu dapat meminimalisir rasa ragu dengan mulai mempercayai keputusan diri sendiri dan orang lain. Kamu perlahan akan mendengarkan masukan dan mendengarkan diri sendiri dengan mengurangi hal-hal yang membuat ragu.

Ada Perubahan pada Diri Sendiri

Biasanya, saat mulai pulih dari salah satu rasa sakit, secara mental dan fisik akan mendorong perbaikan pada semua bidang kehidupan lainnya. Seperti tidak lagi mengalami mimpi buruk atau bisa mengingat dan melihat kenangan tanpa menangis.

Tidak Mudah Tersinggung dan Memahami Batasan Orang Lain

Saat pulih dari trauma, perlahan akan menyadari bahwa perlunya memahami batasan orang lain dan lebih baik menetapkan batasan pada diri sendiri.

Tidak Ada Lagi Pikiran dari Omongan Orang Lain

Kamu lebih menikmati momen tanpa banyak memikirkan perkataan orang lain. Pikiran tidak mudah kacau karena omongan orang lain. Ini yang menjadi tanda bahwa kamu segera pulih dari trauma.

Jujur Terhadap Perasaan

Alih-alih mengabaikan perasaan, satu-satunya cara adalah dengan mengakui dan membiarkannya dirasakan.

Jujur dengan perasaan sendiri merupakan tahap menuju pemulihan yaitu dengan menghargai dan menerima perasaan tidak nyaman dengan cara yang lebih sehat.

Meminta Bantuan Orang Lain

Tanda kamu pulih dari trauma yaitu dengan mempercayai kebaikan orang lain dan mau meminta pertolongan dari mereka. Tak hanya itu, dengan meminta tolong dapat menyadarkan perspektif eksternal orang lain dibutuhkan dalam hidup.

Munculnya Rasa Belas Kasih

Belas kasih adalah perasaan iba dan keinginan untuk membantu. Tanda kamu segera pulih dari trauma yaitu memiliki belas kasih dalam diri sendiri. Kamu perlahan akan menunjukkan kebaikan dan rahmat pada diri sendiri atas trauma masa lalu.

Memahami Diri Sendiri

Memahami diri sendiri merupakan salah satu proses dalam kehidupan. Hal ini merupakan sebuah tanda juga dalam pemulihan dari trauma.

Kita mulai mengetahui apa pemicu yang membawa kita ke rasa trauma. Dengan memahami diri sendiri, kita dapat menghindari itu dan perlahan menerimanya pada situasi tertentu.

Mengurangi Konsumsi Obat Penenang

Tanda kamu segera pulih dari trauma yaitu mengurangi konsumsi obat penenang. Seperti yang diketahui bahwa penderita trauma kerap mengonsumsi obat penenang setiap malam atau saat kambuh.

Itulah tanda-tanda seseorangh sudah pulih dari trauma.***