Melakukan Stress Relief Ternyata Mudah Lho! Begini Caranya

Cara Mengatasi Konflik Interpersonal, Penyebab, dan Jenis-jenisnya
Cara Mengatasi Konflik Interpersonal, Penyebab, dan Jenis-jenisnya

Kebiasaan yang jika dilakukan secara rutin dapat meningkatkan ketahanan terhadap stres biasa dikenal dengan istilah stress relief. Sebab, setiap orang pasti pernah mengalami stres, tidak terkecuali kamu, iya, kamu!

Ketika stres, seringkali kamu melakukan sesuatu yang dapat mengurangi stres tersebut, misalnya berolahraga, me-time, hingga liburan. 

Ya, stress relief adalah berbagai macam cara untuk menekan hingga menghilangkan stres. Berbagai cara dapat dilakukan ketika menghadapi stres, bahkan menjadikannya sebuah kebiasaan. 

Ketika menjadikan cara-cara ini sebagai kebiasaan dan gaya hidup, stres akan dengan mudah berkurang, lho. Gaya hidup yang baik akan terus membantu menekan stres dan membantu menghadapi permasalahan dengan cara yang sehat.

Cara memilih stress relief yang tepat buat kamu

Pengaplikasian stress relief pada masing-masing orang berbeda, lho. Contohnya seperti stress relief seseorang ketika di rumah tidak akan sama dengan ketika stres di lingkungan kerja

Faktanya, bernyanyi akan menurunkan stres ketika di rumah, namun bernyanyi tidak dapat diaplikasikan ketika di kantor. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan Long-Term Stress relief Strategies atau strategi  jangka panjang agar penekanan stres terasa bermanfaat setiap saat. Apa yang harus kamu lakukan?

1. Meluangkan waktu khusus untuk hobi jadi kegiatan stress relief yang ampuh

Memberi waktu luang di antara waktu produktif dapat membuatmu merasa lebih baik. Ketika kamu merasa lebih baik, maka kamu akan tampil dengan lebih baik pula. Disitulah waktu luang menjadikan waktu produktifmu lebih efisien.

2. Prioritaskan aktivitas fisik atau olahraga

Aktivitas fisik adalah kunci untuk mengelola stres. Terdapat banyak macam aktivitas fisik yang bisa dilakukan seperti mengikuti kelas gym, berolahraga di luar rumah hingga di dalam rumah menggunakan media Youtube. Jadi, tidak ada alasan untukmu menunda aktivitas fisik ya!

3. Positive self-talk dan express gratitude

Berbicara positif kepada diri sendiri adalah hal yang penting. Self-talk dapat mengembangkan pandangan dan pemikiran yang lebih sehat. Selain itu, self-talk seperti memberi dukungan dan memberikan kasih untuk diri dapat membantu kamu mengelola emosi. 

Mengekspresikan rasa syukur yang dimulai dari hal-hal kecil juga dapat membuat pikiranmu menjadi lebih positif. Rasa syukur dapat diekspresikan dengan mengucapkannya saat makan malam bersama keluarga atau dengan menuliskannya dalam jurnal setiap malam sehingga menulis rasa syukur akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan.

3. Makan makanan seimbang

Pola makan yang buruk dapat meningkatkan stres dalam jangka panjang. Makanan yang diolah berkali-kali akan kehilangan manfaatnya. Kadar gizi dalam tubuh perlahan akan semakin tidak seimbang sehingga menyebabkan berbagai permasalahan dalam fisik maupun psikis. Mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu mengatasi stres dalam jangka panjang.

Ternyata banyak ya hal-hal positif yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat stres. Nah, dari sekian banyak stress relief jangka panjang yang ada, mana yang sering kamu lakukan? Yuk ajak teman atau keluarga untuk melakukan kegiatan stress relief bersama agar lebih menyenangkan.

Source: verywellmind.com