Self-Reward Tidak Harus Barang, Berikut Faktanya

Manfaat Terapi Seni untuk Menjaga Kesehatan Mental
Manfaat Terapi Seni untuk Menjaga Kesehatan Mental

Saat masih kecil, Anda mungkin sering diberi hadiah setelah selesai melakukan sesuatu. Semakin besar hal yang Anda lakukan, semakin besar pula hadiah atau penghargaan yang diberikan orangtua.

Nyatanya, meskipun sudah lebih dewasa, Anda tetap mebutuhkan penghargaan, baik dari orang lain maupun diri sendiri. Penghargaan untuk diri sendiri ini biasa kita kenal dengan istilah self reward.

Mengapa Butuh Self Reward?

Setiap perilaku atau tindakan Anda berhubungan dengan sesuatu dan Anda cenderung berharap akan sesuatu yang menyenangkan di akhir. Penghargaan di satu sisi dapat menjadi motivasi Anda dalam melakukan sesuatu atau berusaha mencapai tujuan Anda.

Penghargaan tidak hanya dalam bentuk hasil akhir sesuai ekspektasi Anda maupun pujian dan apresiasi dari orang lain, melainkan penghargaan yang juga datang dari diri Anda sendiri.

Jika Anda memberikan reward kecil dalam perjalanan Anda mencapai tujuan, Anda menemukan alasan untuk terus berusaha dan berjuang, meskipun belum mencapai tujuan dalam waktu dekat.

Setiap kali Anda menerima reward, tubuh Anda melepaskan dopamin yang menciptakan perasaan menyenangkan. Reward yang Anda berikan menjadi motivasi dan apresiasi yang pada akhirnya membuat Anda terus berusaha.

Faktanya, reward untuk diri sendiri tidak harus berupa barang

Terbiasa membeli barang-barang bernilai mahal atau mengadakan pesta dengan teman-teman sebagai reward? Self reward memiliki tujuan untuk menghargai usaha diri Anda sendiri dan memotivasi Anda untuk terus berusaha dalam mencapai apa yang ingin Anda capai. Tentunya, dengan tujuan dasar ini, setiap hal yang membuat Anda senang akan menjadi self reward yang berarti.

Berikut ini beberapa hal kecil yang bisa Anda jadikan self reward tanpa perlu menghabiskan terlalu banyak materi:

  • Berendam air hangat dengan aromaterapi
  •  Berkeliling tempat favorit Anda
  •  Melakukan kegiatan favorit yang seringkali tidak bisa Anda lakukan, misalnya berenang, membaca buku, atau karaoke
  •  Bangun lebih siang
  •  Mencoba hal baru yang mungkin menantang atau menyenangkan bagi Anda

Saat Anda memberikan self reward, Anda lebih mungkin menghindari stres dan burnout akan pekerjaan Anda. Rewards dapat mengisi kembali energi Anda dan merupakan kunci penting dari produktivitas dan non-perfectionism.