Self Mastery: Manfaat dan Langkah untuk Mencapainya

Self mastery
Self mastery

Kata bijak yang berbunyi “Jadilah tuan atas hidupmu sendiri”, terdengar mudah bukan? Namun, seringkali kita ternyata tidak cukup kuat untuk menerapkan self mastery, yakni kemampuan untuk bisa mengendalikan diri kita maupun kehidupan kita sebagaimana seharusnya. Alhasil, kita menemukan diri kita menjalani sesuatu yang tidak membuat kita benar-benar puas atau berfungsi secara utuh.

Rasanya masih ada hal yang bisa kita lakukan, tapi kadangkala kita merasa terjebak seakan tidak berdaya dan tidak punya potensi apapun. Nah, jika ini terjadi, berarti kita masih perlu berproses agar dapat mencapai self mastery.

Self mastery merupakan kemampuan untuk mengenali, memahami, dan mengendalikan diri kita. Tentunya, ketika kita dapat mengendalikan diri, maka kita akan menjadi tuan yang dapat menata kehidupan agar terarah dan sesuai dengan potensi dan tujuan hidup kita. Kemampuan menguasai diri sendiri juga mendorong kita memiliki kepercayaan diri dan disiplin diri yang lebih baik.

Self-mastery dapat dicapai hanya ketika kita memahami pikiran, keyakinan, dan perilaku kita serta memahami prinsip dan nilai yang penting bagi kita. Pada akhirnya, kita harus menerapkan pemahaman kita tentang diri kita, prinsip, dan nilai ini dalam kehidupan sehari-hari kita. Self mastery dapat dicapai melalui langkah-langkah berikut:

1. Melatih self mastery dengan menulis jurnal

Tujuan dalam penulisan jurnal adalah agar kita dapat menyadari pikiran, perilaku, perasaan, serta nilai dan prinsip yang tercermin dalam keseharian kita. Kita biasanya menuliskan apa yang kita pikirkan sepanjang hari ini, apa yang kita rasakan atas suatu kejadian, dan bagaimana pendapat atau persepsi kita terhadap kejadian tersebut.

Dalam jurnal, kita juga dapat membuat penilaian atau evaluasi terhadap sikap dan tindakan kita atau tentang kelebihan dan kelemahan kita. Menuliskan perasaan kita dalam jurnal juga membantu kita mengamati emosi dan pikiran yang sedang kita alami terhadap suatu kejadian.

2. Konsisten dan disiplin

Self mastery dapat terwujud lewat kebiasaan berkelanjutan yang dilakukan dengan disiplin. Kita juga dapat belajar dari orang-orang terdekat yang memiliki disiplin diri yang baik dalam membentuk suatu kebiasaan.

3. Jujur pada diri sendiri

Jika ingin mencapai self mastery, kita perlu belajar untuk melihat ke dalam diri kita secara jujur. Selain itu, kejujuran kita juga dapat membuat kita belajar jika yang akan selalu bertanggung jawab atas hidup dan perilaku kita adalah diri kita sendiri. Saat kita membuat kesalahan, belajarlah berani dan jujur mengakui kesalahan kita sebagai rasa tanggung jawab atas perilaku kita.

4. Mengasah self mastery untuk tetap fokus dan upgrade diri

Akan ada waktu dimana kita perlu mempelajari kemampuan baru atau mengambil tanggung jawab baru. Seseorang yang berkomitmen untuk berubah akan menerima dan mengintegrasikan hal-hal baru yang bermanfaat dalam hidupnya.

Jika kita ingin menjadi orang yang lebih percaya diri, kita juga perlu tetap fokus pada hal-ha yang diperlukan. Selalu fokus pada apa yang sedang kita usahakan.

Sadarilah bahwa kita bisa menjadi orang yang kuat untuk dapat memimpin dan mengendalikan diri kita.