Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Bisa Mengurangi Stres

Pengertian Gangguan Makan atau Eating Disorder dan Jenis-jenisnya
Pengertian Gangguan Makan atau Eating Disorder dan Jenis-jenisnya

Healmind – Simak rekomendasi makanan dan minuman yang bisa mengurangi stres, di sini.

Dilansir dari laman Today, berikut makanan dan minuman yang bisa mengurasi stres dan membuat hati lebih tenang:

1. Teh hijau

Teh hijau diklaim busa mengurangi stres karena rendah kafein dan mengandung L-theanine, dan asam amino non protein yang dapat membantu menekan hormon kortisol yang menyebabkan stres.

2. Cokelat hitam

Cokelat hitam dapat mengurangi stres karena kaya akan antioksidan yang membantu mengurangi stres dan menurunkan kadar homon stres dala tubuh. Selain itu, rasanya yang enak juga membuat perasaan lebih tenang saat menikmatinya.

3. Alpukat

Selain enak dan mengenyangkan, buah yang satu ini juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan stres karena kaya akan asam lemak omega 3 yang bisa meningkatkan suasana hati dan menenangkan pikiran. Selain itu, alpukat juga menganding vitamin E, beta karoten, glutathione yang baik untuk kesehatan.

4. Roti gandum

Roti gandum yang mengandung karbohidrat dapat meningkatkan kadar serotonin atau hormon yang dapat meningkatkan suasana hati. Sehingga sangat baik dikonsumsi orang yang sedang stres atau kesulitan fokus.

5. Ikan tuna

Selain menyehatkan jantung, ikan tuna dan beberapa jenis ikan laut lainnya kaya akan omega-3 yang dapat membantu meringanka depresi dan meningkatkan suasana hati.

6. Susu hangat

Susu hangat memiliki efek relaksasi pada tubuh dan pada tingkat psikologis. Mengonsumsi susu hangat sebelum tidur juga akan membuat seseorang mendapatkan tidur yang lebih nyenyak,

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya nutrisi, termasuk vitamin B dan asam lemak yang sehat. Vitamin B pada kacang-kacangan sangat baik untuk diet, menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi stres. Mengonsumsi kacanf-kacangan setiap harinya juga bisa memenuhi kebutuhan kalori dan membuat kenyang lebih lama.

8. Buah yang mengandung vitamin C

Beberapa penelitian menemukan bahwa kadar vitamin C yang tinggi dapat membantu mengurangi tingkat stres. Studi yang diterbitkan Januari 2015 di Pakistan dalam Journal of Biological Sciences, menunjukkan bahwa vitamin C mengurangi tingkat stres pada peserta yang mengonsumsi 500 mg per hari, dan juga menunjukkan kemungkinan pencegahan kecemasan. Ini termasuk, jeruk, stroberi, jambu biji, pepaya, kiwi dan sebagainya.

9. Yogurt

Yogurt dan makanan probiotik lainnya sangat baik untuk kesehatan usus, karena mengandung bakteri baik di dalamnya. Sebuah artikel yang diterbitkan pada Desember 2018 di University Health News mengutip beberapa penelitian yang menemukan bahwa kesehatan usus memiliki korelasi langsung pada penurunan kecemasan, depresi, dan meningkatkan suasana hati. Karena bakteri usus dapat menghasilkan molekul dengan fungsi neuroaktif, termasuk serotonin dan asam gamma-aminobutirat, yang secara positif memengaruhi suasana hati.

10. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan sebagainya kaya dengan magnesium. Ini adalah mineral penting yang dapat membantu mengurangi kadar kosrtisol atau hormon stres pada tubuh.