Prosepek Kerja Lulusan Psikologi yang Sangat Beragam dan Cerah

Pengertian Psikeater, Jenis-jenis, dan Terapi yang Bisa Diberikan
Pengertian Psikeater, Jenis-jenis, dan Terapi yang Bisa Diberikan

Healmind – Simak prospek kerja lulusan Psikologi, mulai dari HRD sampai peneliti, di sini.

Di zaman sekarang mungkin jurusan psikologi sudah mulai diminati oleh banyak orang. Tetapi orang-orang juga masih banyak bertanya soal prospek kerja lulusan psikologi. Padahal bagi Lulusan psikologi sejatinya memiliki prospek yang cukup luas di dunia kerja.
Seorang lulusan psikologi pastinya belajar banyak ilmu tentang perilaku manusia, apalagi di zaman sekarang banyak sekali masyarakat yang mulai terganggu kesehatan mentalnya, karena banyaknya persaingan dan kehidupan yang semakin rumit ini.
Nah, apa saja sih peluang kerja untuk lulusan psikologi ini?

Prospek Kerja Lulusan Psikologi

Berikut peluang pekerjaan yang bisa dipilih oleh seorang lulusan Psikologi, dikutip dari laman resmi UMM Magelang:

Human Resources Development (HRD)

Banyak sekali dari lulusan psikologi yang menginginkan pekerjaan ini, pekerjaan ini berkaitan dengan sumber daya manusia di perusahaan. Tidak hanya itu pekerjaan ini memiliki gaji yang cukup besar dan menjanjikan.

Psikolog

Mungkin kamu juga mengincar profesi psikolog, tetapi untuk menjadi seorang psikolog, diharuskan untuk menempuh S2 di jurusan profesi psikolog, selanjutnya kamu harus menjalankan sidang profesi oleh HIMPSI dan setelah itu harus mengurus surat ijin praktik (SIPP).

Konselor

Untuk menjadi seorang konselor, cukup dengan gelar sarjana S1 Psikologi, kamu tidak di haruskan untuk menempuh S2 terlebih dahulu.

Guru BK

Untuk kamu yang ingin menjadi guru kamu juga dapat bekerja sebagai guru BK, tugas guru BK yaitu memberikan konseling untuk siswa-siswa yang memiliki keluhan.

Dosen psikologi

Buat kamu mahasiswa lulusan psikologi, kamu juga bisa menjadi dosen psikologi tetapi kamu harus menyelesaikan kuliah magister terlebih dahulu.

Peneliti

Untuk kamu yang semasa kuliahnya sering mengikuti dan menyukai penelitian, seorang lulusan psikologi juga bisa bekerja sebagai peneliti loh.
Tentunya bukan hanya ini saja pekerjaan untuk lulusan psikologi, masih banyak lagi pekerjaan yang bisa dipilih, dan setiap masing-masing pekerjaan tentunya memiliki gaji yang cukup beragam.