5 Perubahan Positif Selama Pandemi yang Membuatmu Jadi Lebih Baik

Ciri-ciri Seseorang Terkena Bipolar dan Cara Mengatasinya
Ciri-ciri Seseorang Terkena Bipolar dan Cara Mengatasinya

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia tentunya membuat banyak perubahan positif maupun negatif pada kehidupan kita.  Bahkan, bisa dikatakan, kehidupan kita mengalami jeda atau bergerak lebih lambat.

Interaksi sosial yang terbatas membuat kita tak jarang merasa kesepian dan terisolasi. Situasi pandemi yang serba tidak pasti dan menimbulkan perubahan besar dalam kehidupan. Tak juga mungkin membuat kita merasa cemas.  

Stres, terdesak, merasa tidak berdaya, hingga merasa cemas mungkin beberapa hal yang sering dialami dalam keseharian sejak pandemi terjadi. Meski pandemi mengubah banyak hal yang berdampak besar dalam kehidupan kita, kita tetap dapat mengusahakan perubahan positif dan pengembangan diri yang lebih baik. Perubahan positif nyatanya tetap dapat terwujud meski dalam situasi pandemi jika kita mau:

1. Perubahan positif untuk lebih mengenal diri sendiri

Perubahan dapat dimulai ketika kita mengenal dan memahami diri sendiri. Mengenali siapa kita, tujuan dan pandangan hidup kita, cara kita bereaksi, perasaan kita, kekurangan maupun kelebihan kita memudahkan kita untuk menentukan perubahan seperti apa yang harus dan dapat kita usahakan.

Meski interaksi sosial dan aktivitas kita terbatas selama pandemi, namun menghabiskan waktu lebih banyak di rumah dapat membuat kita lebih mengenali diri sendiri.

Memahami kelebihan kita membuat kita mampu belajar membangun dan meningkatkan kekuatan kita serta mengatasi kelemahan atau hambatan diri kita.  

2. Belajar menghargai

Di tengah situasi serba tidak pasti selama pandemi, hal-hal kecil yang bisa kita lakukan hari ini adalah hal yang patut dihargai. Menjadi orang yang dapat menghargai diri sendiri maupun orang lain merupakan keharusan dalam perubahan kita menjadi orang yang lebih baik.

Menghargai diri sendiri maupun orang lain berarti kita telah memberikan contoh untuk orang lain tentang bagaimana kita ingin dihargai oleh orang lain.

Belajar menghargai satu sama lain juga dapat menjadi dukungan positif bagi diri sendiri dan orang lain dalam menghadapi situasi sulit selama pandemi.

3. Perubahan positif untuk mulai berani menentukan tujuan

Ketika pandemi terjadi, mungkin beberapa tujuan dan cita-cita kita harus terhambat. Kehidupan kita mungkin mengalami jeda atau berjalan lebih lamban. Namun, tidak ada salahnya untuk belajar memulai kembali, terutama membangun keberanian untuk menentukan tujuan.

Adanya tujuan membuat kegiatan atau aktivitas kita lebih terasah. Jika kita mulai berani menentukan tujuan kembali setelah pandemi, maka perubahan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik juga akan dimulai. Pastikan tujuan tersebut adalah tujuan yang realistis, disertai dengan beberapa langkah spesifik untuk mencapai tujuan tersebut.

4. Mengenali kesempatan untuk tumbuh dan berubah

Kita tidak dapat mengubah situasi yang terjadi di luar kendali kita. Namun, kita tetap bebas mengambil setiap kesempatan untuk dapat tumbuh dan berubah meskipun saat berada dalam situasi pandemi.

Tetaplah mencari hal baru untuk dipelajari, pendidikan dan pengalaman adalah hal yang penting agar dapat bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Jika kita dapat belajar mengenali dan mengambil kesempatan untuk tumbuh dan berubah, bukan tidak mungkin kita akan menjadi pribadi yang lebih baik bahkan saat pandemi terjadi.

Pastikan setiap kesempatan yang kita ambil merupakan hal yang tepat dan sesuai dengan minat maupun kemampuan kita.

5. Perubahan positif untuk menghargai waktu dan kehidupan

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun lalu seharusnya membuat kita belajar jika banyak hal tidak terduga dapat terjadi. Harapan dan tujuan tidak selalu tercapai sesuai dengan keinginan kita. Namun, seburuk apapun situasi kita, belajarlah untuk menghargai waktu dan kehidupan yang kita miliki saat ini.

Dengan mencoba menikmati perjalanan kita, perubahan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik dapat dimulai. Ingatlah untuk tetap bersenang-senang dan memiliki kebahagiaan kecil dalam kehidupan sehari-hari kita. Perjuangan ini tidak mudah, namun pasti akan menjadikan kita lebih kuat.

Perubahan dunia kita selama masa pandemi tidak dapat kita kendalikan. Jika dunia kita berubah, maka kita juga perlu berubah untuk bertahan hidup. Perubahan positif bukan mustahil terjadi meskipun dalam situasi sulit. Saat dunia kita berubah setelah pandemi, kita juga tetap dapat berubah dan berkembang ke arah yang lebih baik.