Pentingnya Konseling Adiksi NAPZA agar Tidak Kecanduan Obat Terlarang

Penyebab dan Cara Mengatasi ADHD untuk Anak-anak
Penyebab dan Cara Mengatasi ADHD untuk Anak-anak

Healmind – Simak pentingnya konseling adiksi NAPZa agar tidak kecanduan obat terlarang, di sini.

Konseling Adiksi NAPZA adalah suatu proses kegiatan rehabilitasi yang harus dijalani setiap pengguna atau penyalahguna narkoba baik secara medis maupun sosial agar bisa terlepas dari kecanduan / adiksi zat yang digunakan.

Setiap individu pasti memiliki masalahnya sendiri, mereka bisa mengatasi masalah tersebut dengan caranya sendiri. Namun ada orang-orang yang membutuhkan dukungan/bantuan dari orang lain untuk menyelesaikan masalahnya.

Bantuan dari orang lain ini bisa didapat dari keluarga, teman, pasangan atau orang-orang terdekat Anda. Solusi lainnya Anda bisa menghubungi layanan konseling lainnya berdasarkan masalah yang sedang dialami, contohnya jika Anda menyalahgunakan NAPZA. Segera hubungi pusat rehabilitasi narkoba untuk mendapatkan penanganan yang tepat seperti Ashefa Griya Pusaka.

Peran konseling ialah untuk membantu korban mengatasi masalah yang sedang dialaminya. Konseling adalah interaksi antara konselor/pembimbing dengan individu yang memiliki suatu masalah (disebut konseli) dengan tujuan membantu klien menghadapi masalah yang sedang dihadapinya.

Konseling sendiri bisa dilakukan untuk membantu berbagai macam masalah, seperti penyalahgunaan NAPZA, membantu korban yang terkena bencana, permasahan internal atau eksternal keluarga, hubungan di masyarakat, dalam dunia pendidikan dan industri. Biasanya orang yang mengikuti sesi konseling berharap untuk mendapatkan solusi, pembelajaran dan jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada.

Masukan-masukan positif dari tenaga ahli akan membantu konseli mendapat ketenangan hati dan lebih percaya diri menghadapi masalahnya.

Penyebab Penyalahgunaan NAPZA

Penyalahgunaan NAPZA merupakan tindakan yang sangat berbahaya, bagi pengguna, masyarakat ataupun keluarganya.

Seseorang berani menggunakan obat-obatan terlarang ini biasanya dipengaruhi oleh lingkungan disekitarnya. Salah satu contohnya pergaulan dilingkungan yang tidak baik atau ada anggota keluarga yang menggunakan NAPZA.

Kali ini kita akan membahas penyebab-penyebab penyalahgunaan NAPZA yang bisa saja menghampirimu!

Seseorang yang menyalahgunakan NAPZA pasti memiliki faktor penyebab yang membuatnya terjerumus. Tanpa disadari hal ini sangat merugikan diri sendiri dan orang lain. Berikut ini penyebab-penyebab yang mungkin terjadi Anda menjadi penyalahguna NAPZA:

  • Coba-coba
  • Memiliki teman seorang pecandu NAPZA
  • Pernah mengalami kekerasan
  • Memiliki masalah dengan orang terdekat
  • Mengalami masalah ekonomi.***