Pengertian Terapi Seks, Kegunaan, Cara Melakukan, dan Manfaatnya

Insomnia atau Susah Tidur: Penyebab dan Cara Mengatasinya
Insomnia atau Susah Tidur: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Healmind – Simak pengertian Terapi Seks atau Sex Therapy, kegunaan, cara melakukan, dan manfaatnya, di sini.

Apa Itu Terapi Seks

Dikutip dari Healthmind, Terapi seks adalah jenis psikoterapi yang juga mempertimbangkan kemungkinan masalah fisik. Ketika pasangan datang dengan masalah seksual, kami mencoba mencari tahu bagaimana masing-masing dari mereka dapat berkontribusi terhadap masalah tersebut. Kami memeriksa perilaku, secara bertahap menafsirkannya, dan memberikan solusi,” kata Barbara Bartlik, MD , psikiater dan terapis seks di Weill Cornell Medicine di New York City, dikutip dari EveryDayHealth.com.

Apa yang Terjadi dalam Sesi Terapi Seks?

Terapis Anda akan membantu Anda mengatasi masalah emosional yang mungkin berkontribusi terhadap masalah seksual, seperti disfungsi ereksi, menurut Drogo Montague, MD , seorang ahli urologi di Cleveland Clinic di Ohio.

Jika kecemasan terhadap kinerja merupakan sebuah masalah, terapi seks biasanya akan dimulai dengan mempelajari tentang kecemasan terhadap kinerja, kemudian beralih ke mengajari pasangan bagaimana membangun jalur komunikasi terbuka untuk mendiskusikan keinginan dan kebutuhan seksual, Dr. Montague menjelaskan.

Pasangan tersebut mungkin juga mengeksplorasi masalah yang menyebabkan stres dalam hubungan, tambahnya.

Kapan Terapi Seks Direkomendasikan?

Terapi seks mungkin direkomendasikan dalam berbagai skenario, kata Michael Krychman, MD , direktur eksekutif Pusat Kesehatan Seksual dan Pengobatan Penyintas Kalifornia Selatan di Pantai Newport dan salah satu penulis The Sexual Spark .

Berikut adalah beberapa skenario yang paling umum:

  • Masalah Konflik Pribadi Terkait Seksualitas

Ini mencakup, misalnya, trauma atau penyerangan seksual . Dr Krychman merekomendasikan untuk mencari terapi individu terlebih dahulu untuk mengatasi masalah ini, kemudian secara bertahap melibatkan pasangan Anda sesuai kebutuhan.

  • Konflik Tentang Hubungan

Contoh umum di sini adalah pasangan mengalami kebosanan seksual. Dalam hal ini, lebih baik mencari terapi sendiri terlebih dahulu sehingga Anda dapat lebih memahami diri sendiri dan masalah seksual Anda, kemudian melibatkan pasangan Anda, kata Krychman.

  • Perilaku Seksual Kompulsif (CSB)

Sekali lagi, dalam skenario ini sebaiknya pengidap perilaku kompulsif atau pasangannya menemui terapis sendiri terlebih dahulu, baru mengajak pasangannya. “Terkadang, emosi pribadi seperti pengkhianatan, rasa bersalah, atau ketakutan mungkin perlu dieksplorasi sebelum melibatkan pasangan Anda,” jelas Krychman. “Orang yang menderita CSB mungkin juga mengalami berbagai macam emosi, seperti ketakutan, rasa malu, dan kecemasan. Mengatasi pengalaman emosional pribadi Anda adalah hal yang penting sebelum membawa dan berurusan dengan pasangan Anda — ini dapat meningkatkan komunikasi.”

  • Masalah Pasangan, Perkawinan, dan Seksual

Misalnya, jika salah satu pasangannya berselingkuh , Krychman biasanya menyarankan agar pasangan tersebut mengatasi kekhawatiran atau masalahnya bersama-sama sejak awal dan mengatasi peran yang mungkin mereka mainkan sehubungan dengan masalah tersebut. “Tidak ada seorang pun yang tidak bersalah dalam hubungan yang tidak berfungsi, dan pasangan dapat bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pengalaman mereka,” katanya.

Kesulitan Mengatasi Pribadi Terkait Seksualitas Area ini mungkin mencakup jika Anda baru saja didiagnosis mengidap infeksi menular seksual dan ingin mempelajari cara mengungkapkan status Anda kepada pasangan Anda.

Itulah pengertian Terapi Seks atau Sex Therapy, kegunaan, cara melakukan, dan manfaatnya.***