Pengertian Terapi Perilaku Kognitif, Jenis, dan Cara Melakukannya

Pengertian Terapi Perilaku Kognitif, Jenis, dan Cara Melakukannya
Pengertian Terapi Perilaku Kognitif, Jenis, dan Cara Melakukannya

Healmind – Simak pengertian Terapi Perilaku Kognitif, jenis, dan cara melakukannya, di sini.

Pengertian Terapi Perilaku Koginitif

Terapi perilaku kognitif (CBT) adalah jenis perawatan psikoterapi yang membantu orang belajar bagaimana mengidentifikasi dan mengubah pola pikir yang merusak atau mengganggu yang berdampak negatif pada perilaku dan emosi mereka.

Melalui CBT, pemikiran yang salah diidentifikasi, ditantang, dan diganti dengan pemikiran yang lebih obyektif dan realistis.

Jenis Terapi Perilaku Kognitif

CBT mencakup serangkaian teknik dan pendekatan yang mengatasi pikiran, emosi, dan perilaku kita. Ini dapat berkisar dari psikoterapi terstruktur hingga praktik swadaya. Beberapa jenis pendekatan terapeutik spesifik yang melibatkan terapi perilaku kognitif meliputi:

  1. Terapi kognitif berpusat pada mengidentifikasi dan mengubah pola pikir, respons emosional, dan perilaku yang tidak akurat atau menyimpang.
  2. Terapi perilaku dialektis (DBT) mengatasi pikiran dan perilaku yang merusak atau mengganggu sambil menggabungkan strategi pengobatan seperti regulasi emosional dan perhatian.
  3. Terapi multimodal menyarankan bahwa masalah psikologis harus ditangani dengan mengatasi tujuh modalitas yang berbeda namun saling berhubungan: perilaku, pengaruh, sensasi, gambaran, kognisi, faktor interpersonal, dan pertimbangan obat/biologis. 4
  4. Terapi perilaku emosi rasional (REBT) melibatkan identifikasi keyakinan irasional, secara aktif menantang keyakinan tersebut, dan akhirnya belajar mengenali dan mengubah pola pikir tersebut.
    Meskipun setiap jenis terapi perilaku kognitif menggunakan pendekatan yang berbeda, semuanya berupaya mengatasi pola pikir mendasar yang berkontribusi terhadap tekanan psikologis.

Teknik Terapi Perilaku Kognitif

CBT lebih dari sekadar mengidentifikasi pola pikir. Ia menggunakan berbagai strategi untuk membantu orang mengatasi pola-pola ini. Berikut adalah beberapa contoh teknik yang digunakan dalam terapi perilaku kognitif.

Mengidentifikasi Pikiran Negatif

Penting untuk mempelajari pikiran, perasaan, dan situasi apa yang berkontribusi terhadap perilaku maladaptif. 5 Namun, proses ini bisa jadi sulit, terutama bagi orang yang kesulitan melakukan introspeksi . Namun meluangkan waktu untuk mengidentifikasi pemikiran-pemikiran ini juga dapat mengarah pada penemuan diri dan memberikan wawasan yang penting untuk proses pengobatan.

Mempraktikkan Keterampilan Baru

Dalam terapi perilaku kognitif, orang sering kali diajarkan keterampilan baru yang dapat digunakan dalam situasi dunia nyata. Misalnya, seseorang dengan gangguan penggunaan narkoba mungkin mempraktikkan keterampilan baru dalam mengatasi masalah dan memikirkan cara untuk menghindari atau menghadapi situasi sosial yang berpotensi memicu kekambuhan.

Penetapan tujuan

Penetapan tujuan dapat menjadi langkah penting dalam pemulihan penyakit mental, membantu Anda melakukan perubahan untuk meningkatkan kesehatan dan kehidupan Anda. Selama terapi perilaku kognitif, terapis dapat membantu Anda membangun dan memperkuat keterampilan menetapkan tujuan .

Ini mungkin melibatkan mengajari Anda cara mengidentifikasi tujuan Anda atau cara membedakan antara tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Hal ini juga dapat mencakup membantu Anda menetapkan tujuan SMART (spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbasis waktu), dengan fokus pada proses dan hasil akhir.

Penyelesaian masalah

Mempelajari keterampilan pemecahan masalah selama terapi perilaku kognitif dapat membantu Anda mempelajari cara mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang mungkin timbul dari pemicu stres dalam hidup, baik besar maupun kecil. Hal ini juga dapat membantu mengurangi dampak negatif penyakit psikologis dan fisik.

Itulah pengertian Terapi Perilaku Kognitif, jenis, dan cara melakukannya.***