Pengertian Terapi Kognitif, Pengobatan Psikologis untuk Mengatasi Depresi

Psikotik: Tanda-tanda, Penyebab, dan Cara Mengatasi
Psikotik: Tanda-tanda, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Healmind- Simak pengertian Terapi Kognitif, pengobatan psikologis untuk mengatasi masalah depresi hingga kecemasan, di sini.

Ada banyak sekali jenis pengobatan psikologis yang bisa diberikan untuk membantu menangani berbagai masalah kejiwaan seseorang. Salah satunya adalah Terapi Kognitif atau Terapi Perilaku Kognitif.

Apa itu Terapi Perilaku Kognitif?

Terapi perilaku kognitif (CBT) adalah suatu bentuk pengobatan psikologis yang telah terbukti efektif untuk berbagai masalah termasuk depresi, gangguan kecemasan, masalah penggunaan alkohol dan narkoba, masalah perkawinan, gangguan makan, dan penyakit mental yang parah.

Dilansir dari APA.org, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa CBT menghasilkan peningkatan fungsi dan kualitas hidup yang signifikan. Dalam banyak penelitian, CBT telah terbukti sama efektifnya, atau lebih efektif dibandingkan, bentuk terapi psikologis atau pengobatan psikiatris lainnya.

Penting untuk ditekankan bahwa kemajuan dalam CBT telah dicapai berdasarkan penelitian dan praktik klinis.

Memang benar, CBT merupakan suatu pendekatan yang memiliki banyak bukti ilmiah bahwa metode yang dikembangkan benar-benar menghasilkan perubahan. Dalam hal ini, CBT berbeda dari banyak bentuk pengobatan psikologis lainnya.

Prinsip Terapi Perilaku Kognitif

  1. Masalah psikologis sebagian disebabkan oleh cara berpikir yang salah atau tidak membantu.
  2. Masalah psikologis sebagian didasarkan pada pola perilaku tidak membantu yang dipelajari.
  3. Orang yang menderita masalah psikologis dapat mempelajari cara yang lebih baik untuk mengatasinya, sehingga meringankan gejalanya dan menjadi lebih efektif dalam hidupnya.

Pengobatan CBT

  • Belajar mengenali distorsi pemikiran yang menimbulkan masalah, dan kemudian mengevaluasinya kembali berdasarkan kenyataan.
  • Memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang perilaku dan motivasi orang lain.Menggunakan keterampilan pemecahan masalah untuk mengatasi situasi sulit.
  • Belajar mengembangkan rasa percaya diri yang lebih besar terhadap kemampuan diri sendiri.
  • Menghadapi ketakutan seseorang, bukan menghindarinya.Menggunakan permainan peran untuk mempersiapkan interaksi yang berpotensi menimbulkan masalah dengan orang lain.Belajar menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh.

Tidak semua CBT akan menggunakan semua strategi ini. Sebaliknya, psikolog dan pasien/klien bekerja sama, secara kolaboratif, untuk mengembangkan pemahaman tentang masalah dan mengembangkan strategi pengobatan.

CBT menekankan pada membantu individu belajar menjadi terapis bagi diri mereka sendiri. Melalui latihan dalam sesi serta latihan “pekerjaan rumah” di luar sesi, pasien/klien dibantu untuk mengembangkan keterampilan mengatasi masalah, sehingga mereka dapat belajar mengubah pemikiran, emosi bermasalah, dan perilaku mereka sendiri.

Terapis CBT menekankan apa yang terjadi dalam kehidupan seseorang saat ini, bukan apa yang menyebabkan kesulitannya.

Sejumlah informasi tertentu mengenai sejarah seseorang diperlukan, namun fokus utamanya adalah bergerak maju dalam waktu untuk mengembangkan cara-cara yang lebih efektif dalam menghadapi kehidupan.

Demikianlah info soal pengertian Terapi Kognitif, pengobatan psikologis untuk mengatasi masalah depresi hingga kecemasan.***