Pengertian Terapi Kelompok Remaja, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Pengertian Terapi Perilaku Kelompok untuk OCD dan Manfaatnya
Pengertian Terapi Perilaku Kelompok untuk OCD dan Manfaatnya

Healmind – Simak pengertian Terapi Kelompok Remaja, manfaat, dan cara melakukannya, di sini.

Apa Itu Terapi Kelompok?

Dikutip dari New Port Academy, terapi kelompok persis seperti namanya: terapi yang dilakukan dalam kelompok. Tapi seperti apa bentuknya dan kapan ditemukan? Joseph Hersey Pratt dikenal sebagai bapak terapi kelompok. Dia memelopori penggunaan modalitas ini pada awal abad ke -20  . Pratt mempertemukan pasien tuberkulosis untuk mendiskusikan masalah umum mereka, dan kemudian mengamati dampak emosional positif yang mereka alami.

Setelah penemuan Pratt, teknik terapi kelompok digunakan pada populasi spesifik lainnya. Fasilitator mulai menawarkan kelompok terapi anak-anak, kelompok untuk narapidana, terapi kelompok untuk orang dengan gangguan penggunaan alkohol, dan sesi kelompok untuk veteran militer. Saat ini, terapi kelompok digunakan untuk mengobati  trauma  dan banyak gangguan kesehatan mental lainnya serta gangguan yang terjadi bersamaan.

Berbeda dengan kelompok pendukung, kegiatan terapi kelompok selalu difasilitasi oleh ahli kesehatan mental. Terapi kelompok remaja dapat dilakukan di  lingkungan perumahan atau rawat jalan  , atau di lingkungan kesehatan mental komunitas. 

Kelompok biasanya dibatasi pada sejumlah kecil peserta, yang setuju untuk menjaga kerahasiaan. Oleh karena itu, apa yang dibagikan dalam sesi terapi kelompok tidak dibicarakan di luar kelompok. Salah satu manfaat terpenting dari manfaat terapi kelompok adalah kepercayaan yang tercipta di antara peserta.

Bagaimana Terapi Kelompok Remaja Bekerja

Terapi kelompok remaja dapat berfokus pada berbagai masalah, termasuk penyalahgunaan zat, masalah perilaku, dan hubungan dengan orang tua atau teman sebaya. Terkadang sesi terapi kelompok berfokus pada melatih keterampilan mengatasi masalah atau komunikasi. Remaja berbagi pengalaman pribadi mereka secara terbuka dan jujur. Pada gilirannya, anggota kelompok lainnya memberikan perhatian dan kepedulian yang tidak menghakimi kepada orang lain yang membutuhkan dukungan.

Ada berbagai model terapi kelompok. Kegiatan terapi kelompok untuk remaja dapat berfokus pada pendidikan, pencegahan, dan/atau tujuan terapeutik. Dalam kelompok psikoedukasi , terapis menawarkan informasi untuk membantu remaja lebih memahami dan mengatasi gangguan kesehatan mental mereka. Dalam sesi terapi kelompok yang berorientasi pada proses , terapis memfasilitasi diskusi kelompok dan berbagi di antara peserta.

Jenis Modalitas Terapi Kelompok Remaja

Dalam kategori terapi kelompok remaja, teknik dan modalitas terapi kelompok yang berbeda dapat digunakan, termasuk:

  • Terapi Perilaku Kognitif , yang membantu remaja mengubah pola pikir yang menyimpang dan menggantinya dengan respons dan perilaku yang lebih sehat
  • Kelompok interpersonal , mengeksplorasi hubungan dan membangun keterampilan sosial dan keterampilan komunikasi
  • Pengembangan keterampilan , yang membantu remaja mempelajari alat untuk mengatur emosi dan strategi penanggulangan yang sehat untuk mengatasi pemicu dan gejala kondisi kesehatan mental mereka
  • Terapi kelompok eksperiensial untuk remaja, seperti terapi seni kreatif, Terapi Petualangan, dan Seni Bela Diri Campuran.

Cara Melakukan Terapi Kelompok Remaja

Tergantung pada kelompok dan lingkungannya, sesi terapi kelompok awal mungkin dimulai dengan setiap peserta memperkenalkan diri dan berbagi sedikit cerita mereka. Remaja mungkin berbicara tentang tantangan yang mereka hadapi dan apa yang ingin mereka capai dalam terapi kelompok.

Seiring dengan berlanjutnya kelompok dari waktu ke waktu, sesi tersebut mungkin mencakup setiap remaja yang membicarakan tentang tujuan yang telah mereka capai sejak terakhir kali kelompok tersebut bertemu. Atau mereka mungkin membicarakan momen sulit atau kemunduran. 

Teknik terapi kelompok dapat mencakup permainan peran, interaksi atau percakapan dengan orang lain dalam kelompok, dipandu oleh terapis kelompok.

Beberapa terapi kelompok untuk remaja sangat terstruktur, dengan alat dan keterampilan fasilitator yang mengajar. Dalam sesi kelompok pengalaman yang diadakan di luar ruangan atau di studio seni atau ruang yoga, formatnya lebih fleksibel dalam merespons aktivitas.

Itulah manfaat terapi kelompok remaja.***