Pengertian Terapi Dialektika Tingkah Laku, Kegunaan, dan Cara Menemukan

Borderline Personality Disorder atau BPD: Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi
Borderline Personality Disorder atau BPD: Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Healmind – Simak penjelasan tentang Terapi Dialektika Tingkah Laku atau Dialectical behavior therapy (DBT), manfaat, dan cara menemukannya, di sini.

Pengertian DBT

Terapi perilaku dialektis (DBT) adalah salah satu jenis terapi bicara (psikoterapi). Ini didasarkan pada terapi perilaku kognitif (CBT) , tetapi secara khusus diadaptasi untuk orang-orang yang mengalami emosi yang sangat intens.

Dikutip dari Cleveland CLInic, Terapi perilaku kognitif (CBT) adalah jenis terapi bicara yang membantu orang memahami bagaimana pikiran memengaruhi emosi dan perilaku.

“Dialektis” berarti menggabungkan ide-ide yang berlawanan. DBT berfokus pada membantu masyarakat menerima kenyataan hidup dan perilaku mereka, serta membantu mereka belajar mengubah hidup, termasuk perilaku tidak membantu.

Terapi perilaku dialektis dikembangkan pada tahun 1970-an oleh Marsha Linehan, seorang psikolog Amerika.

Kegunaan DBT

Terapi perilaku dialektis (DBT) sangat efektif untuk orang yang mengalami kesulitan dalam mengelola dan mengatur emosinya.

DBT telah terbukti efektif untuk mengobati dan menangani berbagai kondisi kesehatan mental, termasuk:

  • Gangguan Kepribadian Borderline (BPD) .
  • Menyakiti diri sendiri .
  • Perilaku bunuh diri .
  • Gangguan stres pasca trauma (PTSD) .
  • Gangguan penggunaan zat .
  • Gangguan makan , khususnya gangguan makan berlebihan dan bulimia .
  • Depresi .
  • Kecemasan .

Penting untuk dicatat bahwa alasan DBT terbukti efektif untuk mengobati kondisi ini adalah karena masing-masing kondisi ini dianggap terkait dengan masalah yang diakibatkan oleh upaya yang tidak sehat atau bermasalah untuk mengendalikan emosi negatif yang intens. Daripada bergantung pada upaya yang menimbulkan masalah bagi orang tersebut, DBT membantu orang mempelajari cara-cara yang lebih sehat untuk mengatasinya.

Bagaimana cara menemukan terapis DBT?

Seorang terapis dapat berupa psikiater (dokter yang dapat meresepkan obat), perawat psikiatri, psikolog, pekerja sosial, atau terapis keluarga.

Menemukan terapis yang tepat seringkali merupakan tugas yang memakan waktu, begitu pula dengan terapi DBT. Cobalah untuk tidak berkecil hati. Bicaralah dengan orang yang Anda percayai untuk memberi Anda rujukan terapis yang menggunakan terapi perilaku dialektis, baik itu penyedia layanan kesehatan utama Anda atau teman atau anggota keluarga.

Itulah penjelasan tentang Terapi Dialektika Tingkah Laku atau Dialectical behavior therapy (DBT), manfaat, dan cara menemukannya.***