Pengertian Support System dan Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Pengertian Terapi Perilaku Kelompok untuk OCD dan Manfaatnya
Pengertian Terapi Perilaku Kelompok untuk OCD dan Manfaatnya

Healmind – Simak pengertian support system dan manfaatnya untuk kesehatan mental, di sini.

Dilansir dari Highland Springs Clinic, support system sendiri sebenarnya hampir serupa dengan support. Arti dari support adalah dukungan, sedangkan support system merujuk pada sejumlah orang yang memberikan dukungan pada kita.

Pengertian Support System

Support system artinya dalam bahasa harfiah yakni sistem pendukung, sementara dalam bahasa gaul, support system adalah orang-orang yang selalu memberi dukungan dalam keadaan apapun dan selalu hadir menguatkan baik materil maupun moril.

Arti support system menurut Highland Springs Clinic merupakan bentuk dukungan praktis atau emosional. Dukungan ini dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan secara fisik maupun secara mental.

Support system sangat dibutuhkan untuk membantu kamu dalam mengurangi stres maupun kecemasan. Beberapa orang menganggap support system merupakan orang yang bisa diandalkan saat kamu dalam kondisi tidak baik-baik saja.

Sedangkan menurut Ida N. Faizah, M.Psi, ahli psikologi dari UGM, support system merupakan hubungan timbal baik yang bersifat saling membantu, simbiosis mutualisme, dan take and give. Support system ini berasal dari orang-orang yang membuat kamu merasa aman dan nyaman.

Menurut Rook (1985), support system adalah bagian dari fungsi ikatan sosial yang menggambarkan hubungan yang berkualitas antara individu, termasuk pertemanan, persahabatan, dan hubungan asmara. Selain memberikan kepuasan emosional, support system bisa mendukung saat-saat sulit dalam hidup.

Apabila kondisi mental yang sangat buruk, kamu mungkin merasa enggan untuk meminta bantuan orang lain. Kamu akan merasa bahwa tidak ingin bertemu dengan siapapun dan menolak kencan atau kumpul-kumpul. Dalam kondisi inilah support system hadir sebagai bentuk dukungan dari orang-orang yang menyadari “apakah kamu baik-baik saja?” dan mulai membantu proses pemulihan kamu.

Manfaat Support System

Kira-kira seberapa penting support system? Sebenarnya hal tersebut tergantung dalam kondisi diri masing-masing. Apakah dapat melewati berbagai permasalahan yang ada atau justru semakin terpuruk akibat rintangan tersebut.

Alasan pentingnya supports system dilansir dari one-eight.org, yakni sebagai berikut:

  • Support system bisa membantu kamu dalam melewati pahitnya kehidupan, siap membantu dalam kesusahan, serta selalu mendukung dari belakang
  • Support system dapat memahami perasaan hati kamu, apakah merasa kecewa, sedih, bahagia, maupun marah
  • Support system juga membantu kamu dalam kondisi down atau terpuruk saat melewati masa-masa sulit
  • Dukungan secara emosional maupun saran dan kata-kata penguat bisa memberikan semangat untuk menjalani hidup.

Manfaat Support System

Dilansir dari Highland Springs Clinic, ada beberapa manfaat dari kehadiran support system yang berdampak baik untuk kita, di antaranya:

  • Pengaruh Positif

Supports system bisa memberikan pengaruh positif melalui dorongan untuk mengerjakan perilaku yang lebih sehat. Kamu bisa mendapatkannya dari pasangan seperti saling berbagi cerita, makan bersama, bahkan memperoleh dukungan untuk meluapkan emosi yang bisa berdampak positif bagi kesehatan mental kamu.

Selain itu, apabila kamu merasa frustasi, support system bisa memberikan ruang untuk proses pemulihan hingga bisa kamu bisa merasa bersyukur.

  • Kesehatan Mental Terjaga

Bagi sebagian orang, menjaga privasi adalah kuncinya. Terkadang kamu mungkin tidak percaya pada siapapun dan akhirnya memendam sendiri semua rintangan yang dihadapi. Hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan mental, salah satu manfaat dari support system, kamu bisa mengungkapkan apa yang membuat kamu sakit, khawatir, bahkan berbagi perasaan pada orang yang kamu percaya agar lebih lega.

Kesehatan mental kamu akan terjaga karena dapat menyeimbangkan antara rasa sakit dan penerimaan dengan cara menghibur diri bersama support system kamu. Dengan adanya dukungan dari lingkungan sekitar, hidup akan terasa lebih mudah dan aman dari berbagai masalah.

Lebih jauh lagi, support system juga dapat membuat kamu merasa dicintai, diperhatikan, tenang, dan lebih percaya diri tentunya dengan kesehatan mental yang terjaga.

Orang-orang yang Menjadi Support System

Setiap orang memiliki support system yang berbeda-beda, mulai dari orang terdekat hingga motivator tertentu. Buat detikers yang ingin tau siapa orang-orang yang bisa menjadi support system kamu, simak berikut ini:

Keluarga

Lingkungan terdekat yang bisa menjadi support system kamu yakni keluarga. Biasanya keluarga berperan memberikan dukungan emosional, cinta, kepercayaan diri, hingga material. Keluarga seperti ayah dan ibu bisa menjadi alasan untuk tetap berjuang dan bertahan meraih sesuatu. Mereka juga bisa membantu dalam keadaan apapun untuk memulihkan kamu apabila dalam kondisi kurang baik. Seperti saat sakit secara fisik, keluarga akan merawatmu dengan baik hingga sembuh.

Teman Dekat atau Pacar

Selain keluarga, teman dekat juga bisa menjadi support system paling ampuh untuk tetap berjuang. Apalagi teman dekat berperan saling menguatkan dan bisa menjadi tempat untuk berbagi cerita dengan lebih leluasa. Kamu bisa menjadi diri sendiri tanpa sungkan atau menyembunyikan sesuatu. Selain itu, pacar atau kekasih juga bisa menjadi support system seperti halnya teman dekat.

Rekan Kerja

Memiliki support system di lingkungan kerja sudah sangat berharga. Apalagi saat kamu sedang sakit dan tidak bisa masuk kerja, rekan kerja kamu bisa sangat membantu.

Ahli Kesehatan

Beberapa ahli kesehatan seperti psikolog juga bisa menjadi support system kamu. Orang tersebut membantu mengatasi masalah dan memberi saran atas permasalahan tersebut. Kamu bisa berkonsultasi juga terkait kesehatan fisik dan mental agar kembali sehat.

Nah itulah arti dari support system, manfaat dan pentingnya support system yang bisa membantu kamu dalam menghadapi berbagai masalah hidup.

Itulah pengertian support system dan manfaatnya untuk kesehatan mental.***