Pengertian Relationship Insecurity dan Tanda-tandanya

Pengertian Konseling Pasangan, Kegunaan, dan Manfaatnya
Pengertian Konseling Pasangan, Kegunaan, dan Manfaatnya
Healmind – Simak pengertian relationship insecurity dan tanda-tandanya, di sini.
DIlansir dari Tony Robbins, relationship insecurity adalah keadaan kala pasangan merasa tidak percaya diri dengan hubungannya; mulai dari merasa tidak terlalu baik, tidak pantas, bahkan cemburu berlebihan.
Perasaan selalu “kurang” yang dimiliki pasangan menandakan bahwa ia mengalami relationship insecurity. Biasanya, ini disebabkan oleh trauma masa lalu. Kebiasaan tersebut tentu akan membawa dampak buruk, baik bagi dirinya maupun pasangannya.

Tanda-tanda Relationship Insecurity

Relationship insecurity memiliki tanda-tanda yang bisa kamu sadari. Apa saja? Simak berikut ini, seperti dilansir Mind Body Green.

1. Selalu meminta kepastian

Ternyata, meminta kepastian terlalu sering termasuk salah satu gejala insecure dalam hubungan. Hal itu bertujuan untuk mendapat pengakuan atau mengetahui apakah pasangan masih punya rasa cinta yang sama.
Ini serupa seperti perilaku sering bertanya, “Apakah kamu marah?” “Apa kamu masih sayang aku? atau, “Ada apa denganmu?”

2. Mencari tanda penolakan pada pasangan

Salah satu contohnya adalah saat kamu terus mengamati pasangan dan was-was kalau-kalau suatu hari nanti ia tiba-tiba tidak tertarik atau bosan denganmu.
Caranya bisa dari hal-hal kecil, misal terlalu khawatir saat jadi jarang bertemu dengan pasangan, jarang telepon, atau kala pasangan tidak memberikan ekspresi yang sama seperti biasanya. Padahal, itu semua belum tentu sama seperti yang dipikirkan.

3. Selalu tunduk pada pasangan

Akibat merasa insecure, akhirnya kamu bisa tunduk dengan segala hal yang dikatakan pasangan. Cara ini kamu lakukan agar ia tetap sayang dan tidak akan meninggalkanmu. Akhirnya, kamu bisa jadi kehilangan diri sendiri demi menyenangkan orang lain.

4. Segala hal menjadi personal

Sebab, segalanya akan menjadi personal alias kamu menjadi mudah tersinggung dan memikirkan segala sesuatunya dengan lebih rumit. Hal ini bisa menjadi bibit permasalahan baru di hubungan kamu, Ladies.

5. Emosi tidak stabil

Perubahan mood akan terjadi sangat cepat bagi kamu yang mengalami relationship insecurity. Sebab, di dalam hati, kamu bergumul dengan begitu banyak perasaan takut, cemas, sedih, dan putus asa yang intens. Akhirnya, kamu akan mudah terpicu dan menjadi reaktif dalam menanggapi hal-hal kecil.
Itulah pengertian relationship insecurity dan tanda-tandanya.***