Pengertian People Pleaser, Tanda-tanda, dan Cara Mengatasinya

Mood Disorder: Penyebab, Gejala, dan Contoh-contohnya
Mood Disorder: Penyebab, Gejala, dan Contoh-contohnya

Healmind – Simak pengertian people pleaser, tanda-tanda, dan cara mengatasinya, di sini.

Baru-baru ini istilah people pleaser memang kerap digunakan oleh banyak orang, terutama di sosial media. Lantas apa itu people pleaser?

Pengertian People Pleaser

Secara garis besar, people pleaser adalah sebuah istilah yang merujuk pada kebiasaan atau sifat seseorang yang selalu berusaha untuk menyenangkan orang lain, hingga harus mengorbankan diri sendiri atau keinginan diri sendiri.

Pada umumnya, seorang people pleaser, akan menganggap kebahagiaan dan kepentingan orang lain lebih utama dibanding kebahagiaan dan kepentingan diri sendiri.

Lebih lanjut, people pleaser apabila diteruskan atau dibiarkan akan berdampak buruk bagi diri sendiri dan relasi terhadap orang lain.

Tanda-tanda Kamu People Pleaser

Berikut tiga tanda seseorang menjadi people pleaser.

  • Selalu mengalah

Meskipun bagi sebagian orang mengalah merupakan salah satu sikap baik atau sikap yang paling mudah dilakukan, namun selalu mengalah dapat menjadi salah satu ciri people pleaser. Seorang people pleaser biasanya akan memilih untuk mengalah kepada orang lain, agar orang lain senang atau bahagia. Sementara, orang yang mengalah tadi bisa saja tidak senang dengan keputusan yang ada.

  • Sungkan atau malu untuk berpendapat

Malu atau tidak mau menyampaikan pendapat juga bisa menjadi salah satu ciri people  pleaser. Biasanya seorang people pleaser akan menghindar bila diminta untuk menyampaikan pendapat. Hal tersebut terjadi karena ketakutan atau khawatir pendapatnya akan melukai perasaan seseorang.

  • Meminta maaf untuk hal-hal yang bukan kesalahannya

Meskipun masuk dalam tiga kata ajaib, ternyata gemar meminta maaf dapat dijadikan sebagai salah satu ciri people pleaser. Apabila seseorang merasa tidak enak atau kecewa, maka seorang people pleaser akan segera meminta maaf kepada orang tersebut. Hal tersebut terjadi karena seorang people pleaser tidak ingin orang lain memiliki pandangan buruk terhadap dirinya. Oleh karena itu, ia gemar meminta maaf.

Bahaya People Pleaser

Lebih lanjut, selain merusak diri sendiri, menjadi seorang people pleaser juga memiliki dampak lain yang cukup serius. Berikut adalah lima dampak menjadi seorang people pleaser.

  • Kurang percaya diri

Menjadi seorang people pleaser juga mampu membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Hal tersebut karena seorang people pleaser terbiasa hidup tergantung dengan pendapat orang lain, sehingga arah hidupnya dan keinginannya kadang sulit untuk dimengerti.

  • Selalu memikirkan pendapat orang lain

Dampak kedua adalah overthinking, atau selalu memikirkan pendapat orang lain. Seorang people pleaser amat peduli dengan pendapat orang lain terhadap dirinya. Apabila orang lain menganggap dirinya jelek atau seseorang yang menjengkelkan, maka seorang people pleaser akan segera meminta maaf dan selalu memikirkan hal tersebut, bahkan di waktu senggangnya.

  • Muncul rasa benci

Sadar atau tidak, namun rasa benci dapat muncul karena menjadi people pleaser. Seorang people pleaser biasanya akan iri dengan orang lain atas apa yang dicapai, dan juga keinginan keinginan seseorang yang tercapai atau terwujud.

Cara Mengatasi People Pleaser

Karena menjadi people pleaser memiliki dampak buruk, ada baiknya seseorang mengatasi atau menghindari hal tersebut. Berikut cara dan tips mengatasi kebiasaan menjadi people pleaser.

  • Berani berkata ‘tidak’

Dengan berani berkata tidak, artinya seseorang  mampu untuk menolak secara tegas suatu keinginan dari orang lain yang mengorbankan diri sendiri.

  • Bersikap dan mencintai diri sendiri

Dengan mencintai diri sendiri, artinya seseorang paham dengan konsep diri sendiri merupakan hal yang paling berharga. Dengan begitu, seseorang tidak akan tega atau mampu untuk melukai perasaan diri sendiri dengan mengorbankan diri untuk kebahagiaan orang lain.

Itulah pengertian people pleaser, tanda-tanda, dan cara mengatasinya.***