Pengertian Parasocial Relationship, Manfaat, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Konseling Pernikahan dan Masalah yang Bisa Diatasi
Pengertian Konseling Pernikahan dan Masalah yang Bisa Diatasi
Healmind – Simak pengertian parasocial relationship, manfaat, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari, di sini.
Dikutip dari buku Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi, hubungan parasosial berhubungan dengan motivasi hiburan yang menyenangkan dan pemrolehan informasi.

Pengertian Parasocial Relationshipzoom-in-white

Parasocial relationship atau hubungan parasosial adalah hubungan imajiner satu pihak yang dibentuk seseorang terhadap figur publik yang tidak mereka kenali secara pribadi. Umumnya, hubungan ini terjadi dengan selebritas, atlet, atau tokoh media.
Istilah hubungan parasosial diciptakan oleh Donald Horton dan R. Richard Wohl pada 1950-an setelah melihat dinamika antara penonton dengan artis di televisi, film, radio, atau program berita.
Orang-orang terlibat dalam kehidupan pemain, baik berperan sebagai diri sendiri atau peran fiktif seolah mereka berada dalam hubungan sosial yang biasa dengan mereka dan seolah sebagai teman.

Manfaat Parasocial Relationship

Meski sering dipandang sebagai sikap yang berlebihan, namun ternyata hubungan parasosial ini mempunyai banyak manfaat. Beberapa di antaranya::

1. Mengurangi Kesepian

Setiap orang pernah mengalami rasa kesepian dalam berbagai kondisi. Namun ternyata, publik figur dapat menjadi peran sebagai teman maupun sahabat via media sosial. Adanya idola di media dapat memenuhi kebutuhan seseorang mengenai koneksi dan interaksi

2. Inspirasi

Ternyata, adanya hubungan parasosial dapat memberi inspirasi dari sang idola. Ada banyak sekali idola yang berjuang dari bawah sampai terkenal. Tentunya hal tersebut bisa memberi inspirasi bagi penggemarnya.

3. Rendah Resiko

Parasocial relationship cenderung lebih rendah risiko daripada hubungan interpersonal. Pasalnya, idola tidak pernah menolak kehadiran penggemar. Maka dari itu penggemar tidak perlu khawatir mengalami patah hati mendalam.

Contoh Parasocial Relationship

Hubungan parasosial dapat terlihat pada hubungan satu pihak antara penggemar atau pengguna media dengan idola seperti influencer, selebritas, penyanyi, sampai karakter animasi atau games.
Penggemar dengan hubungan parasosial dengan sang idola tidak menganggap idolanya hanya sebagai sosok penghibur, melainkan sebagai seseorang yang dikenal dekat meskipun belum pernah berinteraksi secara langsung.
Itulah pengertian parasocial relationship, manfaat, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.***