Pengertian Mental Block dan Penyebab Seseorang Sukar Berkembang

cara menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja
cara menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja

Healmind – Simak pengertian mental block dan penyebab seseorang sukar berkembang dalam pekerjaan, di sini.

Mental block bisa dialami oleh siapa saja. Bahkan ketika mental block terjadi secara terus menerus dapat mengakibatkan stres. Inilah yang membuat mental block tergolong hambatan psikologis.

Penyebab mental block

Mental block dapat terjadi dikarenakan situasi psikis dan lingkungan yang tengah dalam taraf tidak sehat. Berikut ini beberapa penyebab mental block.

1. Kelelahan mental

Kelelahan mental bisa dialami oleh siapa saja. Ketika kita sedang kehilangan mood, kita cenderung tidak memiliki semangat untuk meneruskan pekerjaan.

Belum lagi tuntutan-tuntutan pekerjaan yang membuat kita harus berpikir dan memutuskan sesuatu dalam waktu yang singkat. Situasi seperti ini rentan memicu mental block.

2. Kurang tidur

Ketika kurang tidur, maka tubuh kita cepat lelah seolah tidak punya tenaga untuk beraktivitas. Kondisi ini membuat kita kesulitan untuk berpikir jernih, apalagi harus menyelesaikan pekerjaan. Alhasil kita mengalami mental block.

3. Lingkungan kerja tidak suportif

Lingkungan tentu berpengaruh pada kualitas pekerjaan kita. Jika kita merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja, kita cenderung sulit berkonsentrasi dan berpikir kreatif.

Kita akan berusaha keras untuk fokus mencari ide. Alih-alih menemukan ide tersebut, kita justru merasa mental block karena kondisi lingkungan yang tidak mendukung.

4. Terlalu perfeksionis

Seseorang yang perfeksionis berusaha mengerjakan sesuatu dengan sempurna. Tanpa disadari, standarnya yang tinggi justru bisa membuatnya mengalami kelelahan.

Sifat perfeksionis dapat berdampak pada mental block. Hal tersebut dikarenakan orang yang perfeksionis akan mencari segala macam cara untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna sehingga ia cenderung tidak fokus saat mengerjakan.

5. Pesimis

Ketika kita merasa insecure tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik sesuai rencana, kita akan merasa pesimis. Padahal, pesimis berlebihan dapat memicu mental block karena merasa seolah tidak punya motivasi menjalani pekerjaan

Itulah pengertian mental block dan penyebab seseorang sukar berkembang dalam pekerjaan.***