Pengertian Konseling Hubungan, Manfaat, dan Cara Kerjanya

7 Manfaat Terapi Hubungan Individu untuk Kehidupan Sehari-hari
7 Manfaat Terapi Hubungan Individu untuk Kehidupan Sehari-hari

Healmind – Simak pengertian konseling hubunga, manfaat, dan cara kerjanya, di sini.

Apa itu Konseling Hubungan?

Dikutip dari The Spark, konseling hubungan difokuskan pada bagaimana membantu meningkatkan hubungan penting dalam hidup Anda.

Hal ini dapat berupa konseling pernikahan , konseling pasangan , atau konseling individu tergantung pada keadaan unik Anda.

Bekerja sama dengan salah satu konselor kami, Anda akan menemukan ruang yang aman, rahasia, dan tidak menghakimi untuk mendiskusikan masalah masa lalu dan masa kini.

Setelah isu-isu tersebut dieksplorasi dan dipahami, Anda kemudian dapat mempertimbangkan cara untuk meningkatkan dan membangun hubungan tersebut.

Mengapa konseling hubungan bermanfaat?

Setiap individu adalah unik dan begitu pula hubungan yang mereka alami setiap hari. Demikian pula, konseling bersifat unik bagi setiap individu dan pasangan.

Sesi konseling mempertimbangkan bagaimana kita berperilaku, mengapa kita merasakan emosi tertentu dan mengapa kita merespons emosi dan pengalaman tertentu dengan cara yang kita lakukan.

Hal ini termasuk mempertimbangkan pengalaman masa kanak-kanak atau hubungan masa lalu lainnya yang mungkin berdampak negatif terhadap hubungan kita di masa sekarang.

Menjelajahi pengalaman-pengalaman tersebut memberi Anda pemahaman yang lebih jelas tentang dampaknya terhadap Anda, hubungan Anda, dan cara mengelolanya.

Cara kerja konseling hubungan

Sesi biasanya berlangsung selama 50 menit hingga 1 jam dengan konselor terlatih. Konselor akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang Anda dan hubungan Anda serta apa yang ingin Anda capai dengan konseling.Biasanya, konselor akan menanyakan pertanyaan tentang pengalaman Anda dan bagaimana perasaan Anda.

Jika Anda merasa tidak nyaman berbicara banyak, mungkin diperlukan bentuk lain seperti menggambar atau menuliskan pemikiran Anda misalnya.

Dalam semua kasus, Anda akan menemukan lingkungan yang aman, rahasia, dan tidak menghakimi.***