Pengertian Dejavu dan Penyebab Bisa Terjadi di Hubungan Percintaan

Mengenal Claustrophobia atau Takut Tempat Gelap: Penyebab, Gejala, dan Penanganan
Mengenal Claustrophobia atau Takut Tempat Gelap: Penyebab, Gejala, dan Penanganan
Healmind- Simak pengertian dejavu dan mengapa bisa terjadi dalam hubungan percintaan, di sini.
Dikutip dari www.psychologytoday.com, berikut arti lengkap dari dejavu dalam percintaan.

Arti Dejavu dalam Percintaan

Arti dejavu dalam percintaan adalah situasi ketika seseorang merasa pernah mengalami situasi tersebut sebelumnya. Pengalaman merasakan dejavu ini sebenarnya bisa dialami siapa saja, di mana saja dan kapan saja.
Istilah dejavu ini berasal dari bahasa Perancis yang berarti sudah pernah melihat. Ketika perasaan dejavu muncul, maka memicu ingatan kita akan tempat atau kejadian yang pernah dikunjungi atau dilalui sebelumnya.
Hal ini tentu saja seperti sebuah sinyal untuk memberikan perhatian khusus tentang apa yang sedang terjadi. Bisa jadi momen ini kita menerima pelajaran khusus di bidang tertentu atau harus menyelesaikan apa yang belum selesai.
Terkadang dejavu juga bisa sebagai perasaan yang muncul saat pertama kali bertemu dengan seseorang. Ada pula yang mendeskripsikan dejavu sebagai ketertarikan yang muncul dari obsesi yang membuat ketagihan.
Selain itu, pengalaman dejavu juga harus selalu didekati dengan bijaksana. Sebagian besar pengalaman dejavu tidak bersifat obsesif maupun kompulsif, tetapi dengan penyampaian yang tenang dan solid.

Mengapa Perasaan Dejavu Bisa Terjadi

Masih banyak orang yang berpikir mengapa perasaan dejavu ini bisa terjadi dalam kehidupan, berikut penyebabnya.

1. Persepsi Pikiran yang Terpecah

Persepsi terpisah atau pikiran yang terpecah menunjukkan bahwa dejavu terjadi ketika seseorang melihat sesuatu di dua waktu yang berbeda. Hal ini membuat otak membentuk ingatan tentang apa yang dilihat meski dengan informasi yang terbatas.

2. Ingatan yang Kembali Muncul

Dejavu juga bisa disebabkan oleh ingatan yang kembali muncul ketika berada di suatu kejadian tertentu. Hal ini juga yang memicu otak untuk terus memproses dan mengingat sebuah memori.
Keduanya penyebab tersebut menggambarkan bahwa dejavu memaksa ingatan untuk mengingat kejadian yang sama di waktu yang berbeda. Secara garis besar, arti dejavu dalam percintaan adalah situasi hubungan yang mana situasi tersebut pernah dialami sebelumnya. (DSI)
Itulah pengertian dejavu dan mengapa bisa terjadi dalam hubungan percintaan.***