Pengertian dan Perbedaan Perilaku Kompulsif vs Impulsif

Pengertian dan Perbedaan Perilaku Kompulsif vs Impulsif
Pengertian dan Perbedaan Perilaku Kompulsif vs Impulsif

Healmind – Simak pengertian dan perbedaan perilaku kompulsif dan impulsif, di sini.

Perilaku kompulsif dan impulsif adalah istilah yang menggambarkan dua bentuk perilaku, dan memiliki perbedaan di antara keduanya.

Menjadi kompulsif adalah ketika seseorang memiliki dorongan yang tak tertahankan untuk melakukan sesuatu.

Perbedaan Perilaku Kompulsif dan Impulsif

Perilaku Kompulsif

Dikutip dari Primaya Hospital, Perilaku Kompulsif adalah suatu gangguan anxeietas (kecemasan) di mana pikiran dipenuhi dengan pikiran yang menetap dan tidak dapat dikendalikan dan individu dipaksa untuk terus-menerus mengulang tindakan tertentu, menyebabkan distress yang signifikan dan mengganggu keberfungsian sehari-hari. Psikolog Dani mengatakan bahwa seseorang dapat melakukan pengulangan suatu tindakan, fisik atau mental yang luar biasa tinggi. Hal inilah yang menyebabkan orang tersebut mengalami Gangguan Obesesif Kompulsif (Obsessive Compulsif Disorder).

Perilaku Impulsif

Impulsif itu sendiri memiliki arti bersifat cepat bertindak secara tiba-tiba menurut gerak hati. Sehingga apabila perilaku seseorang yang tiba-tiba berubah, tiba-tiba di luar rencana, atau sebuah sikap yang tidak didukung alasan yang kuat.

Dan pada umumnya sikapnya tergolong irrasional. Maka disimpulkan individu tersebut termasuk pribadi impulsif. Ciri pribadi impulsif adalah kalau bicara atau berbuat seringkali tidak disertai alasan-alasan atau penalaran-penalaran

Bagaimana cara mengatasi sikap impulsif? Tentu harus latihan self control, relaksasi progresif untuk mengatasi masalah emosinya yang berubah-ubah, dan Cognitive Behaviour Therapy (CBT) atau terapi kognitif dan perilaku.***