Pengertian Bimbingan Konseling Pendidikan, Manfaat, dan Fungsinya

Penyebab Anak Mengalami Disleksia dan Cara Mengatasinya
Penyebab Anak Mengalami Disleksia dan Cara Mengatasinya

Healmind – Simak penjelasan tentang bimbingan konseling pendidikan, manfat, dan fungsinya di sekolah.

Pengertian Bimbingan Konseling

Dikutip dari laman resmi SMK Dwi Warna, secara bahasa BK berasal dari kata bimbingan dan konseling. Bimbingan memiliki pengertian pemberian bantuan kepada orang lain yang membutuhkannya dengan tujuan untuk memudahkan mereka menyelesaikan persoalan yang mereka hadapi maupun menemukan potensi yang ada pada diri mereka.

Mengacu pada kesimpulan tersebut, maka bimbingan akan BK berikan kepada siswa atau peserta didik supaya mereka bisa menemukan penyelesaian dari permasalahan yang mereka hadapi. Bimbingan juga bertujuan untuk membantu siswa menemukan apa yang menjadi potensi dan kemampuan pada diri mereka sendiri.

Sementara itu pengertian konseling adalah bantuan yang diberikan kepada seseorang dengan tujuan supaya yang bersangkutan mampu memecahkan masalah yang dihadapi melalui cara-cara yang disesuaikan dengan kondisi individu tersebut misalnya dengan wawancara.

Sehingga dari pengertian kedua kata tersebut, bisa kamu simpulkan bahwa Bimbingan Konseling (BK) adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memberikan bantuan oleh tenaga ahli kepada individu melalui tatap muka, memberikan tambahan pengetahuan maupun cara-cara lainnya yang nantinya akan berlangsung secara sistematis dan terus menerus.

Di sekolah tugas dari guru BK adalah memberikan bantuan kepada siswa agar bisa mencapai tugas-tugas perkembangannya dengan optimal dalam peranannya sebagai seorang pribadi, makhluk sosial maupun makhluk ciptaan Allah SWT.

Manfaat Bimbingan Konseling di Sekolah

Mengapa BK sangat dibutuhkan untuk diberikan di sekolah? Bimbingan konseling diberikan kepada para siswa di sekolah dengan pertimbangan peserta didik tersebut bisa mendapatkan manfaatnya antara lain yaitu :

  1. Menciptakan pandangan positif kepada diri sendiri dengan adanya perasaan lebih bahagia, lebih baik, tenang serta nyaman.
  2. Menurunkan tingkat stres yang siswa alami akibat tugas dan beban belajar yang cukup banyak ataupun karena persoalan lain yang harus mereka hadapi.
  3. Membantu siswa untuk lebih memahami diri sendiri maupun orang lain sehingga akan tercipta kekerabatan dan kekerabatan yang erat serta efektif.
  4. Membantu siswa untuk lebih mampu mengembangkan diri sehingga dapat menggunakan potensi yang ada secara optimal di masa depan.

Fungsi Bimbingan Konseling di Sekolah

Selain memberikan manfaat yang sangat penting bagi para siswa BK juga berfungsi sebagai berikut :

1. Fungsi Pemahaman

Melalui BK maka siswa akan mendapatkan bimbingan untuk lebih memahami siapa dan bagaimana diri mereka. Ini bertujuan agar mereka bisa mengenali potensinya maupun lingkungan yang mereka tempati.

2. Fungsi Pengembangan

BK membantu siswa untuk bisa mengembangkan apa yang menjadi potensi mereka sehingga bisa bermanfaat bagi masa depan. Dalam menjalankan fungsi pengembangan ini BK berikan melalui bimbingan yang sistematis dan terus menerus, fasilitas yang mendukung serta menciptakan lingkungan yang kondusif.

3. Fungsi Preventif

Fungsi preventif maksudnya memberikan antisipasi terhadap beragam permasalahan yang mungkin terjadi dan peserta didik alami. Setelah itu, melakukan upaya untuk mencegahnya.

4. Fungsi Fasilitasi

BK akan memberikan kemudahan kepada peserta didik untuk mencapai pertumbuhan serta perkembangan seoptimal mungkin, selaras, serasi serta seimbang dalam keseluruhan aspek diri siswa.***