Pengertian Attachment Issue dalam Hubungan Percintaan dan Cara Mengatasinya

7 Lembaga untuk Konseling Kesehatan Mental Gratis, Ada yang Bisa Online
7 Lembaga untuk Konseling Kesehatan Mental Gratis, Ada yang Bisa Online

Healmind – Simak pengertian attachment issue dalam hubungan percintaan dan cara mengatasinya,di sini.

Dikutip dari Mind Body Green, attachment issue adalah keadaan kala seseorang memiliki keterikatan emosional dengan orang lain. Dalam hal ini, terhadap pasangan.
Gaya keterikatan tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari merasa aman, sering khawatir, hingga berusaha untuk selalu ada di dekatnya.
Kemunculan berbagai keterikatan ini bukan hal yang disengaja, melainkan ada hubungannya dengan pola asuh yang didapatkan saat kecil.
Misalnya, saat kecil kamu sering diabaikan oleh orang tua, maka ketika beranjak dewasa kamu akan mencari seseorang yang bisa memperhatikanmu setiap waktu. Namun, bisa pula kamu melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh orang tua.

Cara Mengatasi Attachment Issue

Attachment issue bisa dikatakan baik atau buruk, tergantung bagaimana cara pandang kamu, Ladies. Akan tetapi, dikutip dari Marriage, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Kenali lebih dalam attachment issue yang dimiliki

Saat kamu merasa punya attachment issue, kenali lebih dalam dan cari tahu apa penyebabnya. Dengan begitu, kamu bisa mencari tahu lebih jauh cara menyesuaikannya dengan realitas yang ada.

2. Ketahui batasan dan ekspektasi

Kamu juga harus mengetahui batasan dan ekspektasi terkait keterikatan emosional yang pernah terjadi di masa lampau. Jangan sampai itu terlalu mempengaruhi kamu, Ladies.

3. Bicara dengan pasangan

Ceritakan kepada pasangan apa saja keterikatan yang kamu alami selama ini dengannya. Komunikasi yang terbuka akan membuat hubungan jadi semakin baik sehingga tidak ada pihak yang merasa terbebani.
Sebab, setiap hubungan pasti memiliki keterikatan emosional yang berbeda, baik karena ada pengaruh dengan masa lalu atau tidak

4. Tuliskan apa yang kamu pikirkan

Bila merasa cemas saat pasangan tidak membalas pesan, merasa pasangan mengabaikan kamu, atau mengalami segala macam perasaan lain yang mengganggu, jangan ragu untuk menulisnya. Trik ini bisa membantu kamu agar menjadi lebih tenang.

5. Buat tujuan yang jelaszoom-in-white

Saat kamu mulai merasa lelah dengan attachment issue yang dimiliki, ubah pola pikir dan buat tujuan yang jelas untuk diri sendiri. Tulis apa saja yang ingin kamu ubah dan usahakan untuk bisa melakukannya secara perlahan.
Bila ingin mendapat bantuan profesional seperti psikolog, juga tidak ada salahnya.
Itulah pengertian attachment issue dalam hubungan percintaan dan cara mengatasinya.***