Masih Sering Merasa Gugup? Simak Tips Menghilangkan Nervous

Borderline Personality Disorder atau BPD: Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi
Borderline Personality Disorder atau BPD: Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Anda mungkin seringkali mengalami nervous atau merasa gugup menjelang presentasi maupun wawancara kerja dan sulit menghilangkan nervous itu. Kadangkala sulit dijelaskan, perasaan gugup sebenarnya dialami setiap orang sebagai rasa cemas dan senang yang dirasakan bersamaan.

Anda mungkin mengalami peningkatan detak jantung dan telapak tangan yang berkeringat.

Perasaan gugup yang sedang Anda alami tatkala justru menjadi pengalaman yang buruk. Saat merasa grogi, sebenarnya tubuh Anda sedang memberi respon stres. Ini melibatkan respon hormon dan fisiologis yang sebenarnya bertujuan melindungi Anda dari ancaman.

Nervous menjadi respon alami atas peristiwa yang menimbulkan tekanan atau stres bagi Anda. Meskipun salah satu gejala gangguan kecemasan merupakan gugup, namun keduanya bukanlah hal yang sama.

Gangguan cemas berkembang dari sejumlah faktor yang kompleks, termasuk genetik, proses otak, dan kejadian dalam kehidupan. Perasaan cemas yang dialami pasien gangguan kecemasan berkelanjutan, bahkan tanpa pemicu stres (stressor) sekalipun. Lalu, jika Anda mengalami nervous saat wawancara kerja atau presentasi yang akan datang, apa yang harus Anda lakukan?

Persiapkan diri mencegah gugup

Banyak hal mungkin terjadi tanpa pernah bisa Anda cegah. Namun, Anda dapat selalu bersiap untuk segala kemungkinan. Kemungkinan di sini termasuk potensi Anda mengalami nervous.

Berlatihlah sebelum presentasi atau ajak teman Anda untuk menemani Anda dalam suatu acara. Anda juga dapat meminta pendapat mereka tentang cara bicara, intonasi, maupun isi materi Anda.

Teknik relaksasi

Belajarlah untuk menerapkan teknik relaksasi sederhana sehingga Anda dapat mengatasi rasa gugup dan mengelola stres secara umum. Anda juga dapat mencoba latihan pernapasan agar merasa lebih relaks. Cobalah teknik pernapasan 4-7-8 dan teknik pernapasan diafragmatik.

Mencoba alihkan perhatian untuk cegah gugup

Jika Anda merasa gugup, coba dengarkan lagu kesukaan Anda, mengunyah permen karet, atau membaca buku untuk sejenak mengalihkan perhatian Anda dari perasaan nervous Anda. Ucapkan self-talk yang positif bahwa Anda telah mempersiapkan segala hal sehingga semua akan baik-baik saja.

Semoga perasaan nervous Anda dapat teratasi ya dengan mengikuti tips di atas.