Mengenal Terapi Perilaku Kognitif untuk Pengobatan Psikologis

Pengertian Terapi Kelompok, Teknik-teknik, dan Manfaatnya
Pengertian Terapi Kelompok, Teknik-teknik, dan Manfaatnya

Healmind – Simak penjelasan tentang Terapi Perilaku Koginitif atau Cognitive behavioral therapy (CBT) untuk mengobati psikologis, di sini.

Pengertian Terapi Perilaku Kognitif

Dilansir dari APA.org, Cognitive behavioral therapy (CBT) atau Terapi perilaku kognitif adalah suatu bentuk pengobatan psikologis yang telah terbukti efektif untuk berbagai masalah termasuk depresi, gangguan kecemasan, masalah penggunaan alkohol dan narkoba, masalah perkawinan, gangguan makan, dan penyakit mental yang parah.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa CBT menghasilkan peningkatan fungsi dan kualitas hidup yang signifikan.

Dalam banyak penelitian, CBT telah terbukti sama efektifnya, atau lebih efektif dibandingkan, bentuk terapi psikologis atau pengobatan psikiatris lainnya.

Penting untuk ditekankan bahwa kemajuan dalam CBT telah dicapai berdasarkan penelitian dan praktik klinis.

Memang benar, CBT merupakan suatu pendekatan yang memiliki banyak bukti ilmiah bahwa metode yang dikembangkan benar-benar menghasilkan perubahan. Dalam hal ini, CBT berbeda dari banyak bentuk pengobatan psikologis lainnya.

Prinsip CBT

  1. Masalah psikologis sebagian disebabkan oleh cara berpikir yang salah atau tidak membantu.
  2. Masalah psikologis sebagian didasarkan pada pola perilaku tidak membantu yang dipelajari.
  3. Orang yang menderita masalah psikologis dapat mempelajari cara yang lebih baik untuk mengatasinya, sehingga meringankan gejalanya dan menjadi lebih efektif dalam hidupnya.

Pengobatan CBT biasanya melibatkan upaya mengubah pola pikir. Strategi ini mungkin termasuk:

Belajar mengenali distorsi pemikiran yang menimbulkan masalah, dan kemudian mengevaluasinya kembali berdasarkan kenyataan.Memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang perilaku dan motivasi orang lain.

Menggunakan keterampilan pemecahan masalah untuk mengatasi situasi sulit.Belajar mengembangkan rasa percaya diri yang lebih besar terhadap kemampuan diri sendiri.

Pengobatan CBT juga biasanya melibatkan upaya mengubah pola perilaku. Strategi ini mungkin termasuk:

Menghadapi ketakutan seseorang, bukan menghindarinya.Menggunakan permainan peran untuk mempersiapkan interaksi yang berpotensi menimbulkan masalah dengan orang lain.

Belajar menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh.

Tidak semua CBT akan menggunakan semua strategi ini. Sebaliknya, psikolog dan pasien/klien bekerja sama, secara kolaboratif, untuk mengembangkan pemahaman tentang masalah dan mengembangkan strategi pengobatan.

CBT menekankan pada membantu individu belajar menjadi terapis bagi diri mereka sendiri. Melalui latihan dalam sesi serta latihan “pekerjaan rumah” di luar sesi, pasien/klien dibantu untuk mengembangkan keterampilan mengatasi masalah, sehingga mereka dapat belajar mengubah pemikiran, emosi bermasalah, dan perilaku mereka sendiri.

Terapis CBT menekankan apa yang terjadi dalam kehidupan seseorang saat ini, bukan apa yang menyebabkan kesulitannya.

Sejumlah informasi tertentu mengenai sejarah seseorang diperlukan, namun fokus utamanya adalah bergerak maju dalam waktu untuk mengembangkan cara-cara yang lebih efektif dalam menghadapi kehidupan.

Itulah penjelasan tentang Terapi Perilaku Koginitif atau Cognitive behavioral therapy (CBT) untuk mengobati psikologis.***