Mengenal Terapi Pasangan, Teknik, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian Konseling Pernikahan dan Masalah yang Bisa Diatasi
Pengertian Konseling Pernikahan dan Masalah yang Bisa Diatasi

Healmind – Simak penjelasan tentang Terapi Pasangan atau Couple Therapy, teknik-teknik, jenis, dan manfaatnya, di sini.

Apa Itu Terapi Pasangan?

Terapi pasangan adalah salah satu bentuk psikoterapi yang dapat membantu Anda dan pasangan meningkatkan hubungan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam hubungan, Anda dapat mencari terapi pasangan untuk membantu membangun kembali hubungan Anda. Ini berguna pada setiap tahap hubungan Anda, apa pun itu

“Terapi pasangan dapat mengatasi berbagai masalah hubungan, termasuk konflik yang berulang , perasaan terputus, perselingkuhan, masalah terkait seks, atau kesulitan akibat stres eksternal,” kata Brian Mueller , PhD, psikolog di Columbia University Medical Center yang mengkhususkan diri dalam terapi pasangan, dikutip dari VeryWellmind.

Jenis Terapi Pasangan

Menurut Mueller, ada banyak pendekatan dalam terapi pasangan, yang meliputi:

  • Terapi yang berfokus pada emosi (EFT) :

EFT berfokus pada peningkatan keterikatan dan ikatan antara Anda dan pasangan. Terapis membantu Anda memahami dan mengubah pola yang mengarah pada perasaan terputus.

  • Metode Gottman:

Metode ini melibatkan penanganan area konflik dan membekali Anda dan pasangan dengan keterampilan pemecahan masalah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas persahabatan dan tingkat keintiman antara Anda dan pasangan.

  • Pendekatan Ellen Wachtel:

Ini adalah pendekatan berbasis kekuatan yang melibatkan fokus pada aspek positif dari hubungan. Ini berfokus pada refleksi diri daripada menyalahkan.

  • Terapi pasangan psikodinamik :

Terapi psikodinamik mengeksplorasi harapan dan ketakutan mendasar yang memotivasi Anda dan pasangan, untuk membantu Anda memahami satu sama lain dengan lebih baik.

  • Terapi perilaku :

Juga dikenal sebagai terapi pasangan perilaku (BCT), bentuk terapi ini melibatkan pembentukan perilaku dengan memperkuat perilaku positif yang meningkatkan stabilitas dan kepuasan, sekaligus mencegah perilaku yang mendorong hal-hal negatif.

  • Terapi perilaku kognitif (CBT) :

Juga disebut sebagai terapi pasangan perilaku kognitif (CBCT), bentuk terapi ini melibatkan identifikasi dan perubahan pola pikir yang memengaruhi perilaku secara negatif.
Teknik

Manfaat Terapi Pasangan

“Orang-orang melaporkan bahwa mereka merasa lebih terhubung dengan pasangannya dan perasaan mereka sendiri, serta lebih aman, spontan, dan menyenangkan dalam hubungan tersebut. Ketika orang merasa lebih aman dalam hubungan mereka, mereka bisa menjadi lebih asertif dan suka bertualang di bagian lain kehidupan mereka,” kata Mueller.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat ditawarkan oleh terapi pasangan:

– Memahami satu sama lain dengan lebih baik:

Terapi pasangan dapat membantu Anda memahami diri sendiri dan pasangan dengan lebih baik. Ini dapat membantu Anda berdua mengekspresikan perasaan, harapan, ketakutan, prioritas, nilai, dan keyakinan Anda.

– Identifikasi masalah hubungan:

Terapis Anda dapat membantu Anda dan pasangan mengidentifikasi masalah yang menyebabkan konflik berulang, kurangnya kepercayaan , dan perasaan terputus, kata Mueller.
Meningkatkan keterampilan komunikasi: Terapi dapat membantu Anda dan pasangan berkomunikasi satu sama lain. Ini dapat membantu Anda mengekspresikan diri dan meminta apa yang Anda butuhkan tanpa menyerang atau menyalahkan pasangan Anda.

– Selesaikan konflik:

Terapis Anda dapat membantu Anda dan pasangan mengatasi masalah Anda dan menyelesaikannya.

– Memperkuat persahabatan dan keterikatan:

Terapi pasangan dapat membantu memperkuat persahabatan, keterikatan, ikatan, dan keintiman antara Anda dan pasangan.
Hentikan perilaku disfungsional: Terapis Anda dapat mengidentifikasi perilaku disfungsional dan membantu menghilangkannya.

– Pelajari keterampilan:

Terapi pasangan bukanlah bentuk terapi jangka panjang. Sebaliknya, ini adalah terapi jangka pendek yang bertujuan untuk membekali Anda dan pasangan dengan keterampilan untuk membantu Anda mencegah dan mengelola konflik yang muncul di kemudian hari.

– Meningkatkan kepuasan hubungan:

Terapi pasangan dapat membantu meningkatkan kualitas hubungan Anda secara keseluruhan , sehingga Anda dan pasangan lebih bahagia bersama.

Itulah penjelasan tentang Terapi Pasangan atau Couple Therapy, teknik-teknik, jenis, dan manfaatnya.***