Mengenal Terapi Keterampilan Sosial atau SST, Teknik, dan Manfaatnya

Mengenal Apa itu Parental Burn Out dan Cara Mengatasinya
Mengenal Apa itu Parental Burn Out dan Cara Mengatasinya

Healmind – Simak apa itu Terapi Keterampilan Sosial atau Social Skill Training (SST), teknik, dan manfaatnya, di sini.

Pengertian  Terapi Keterampilan Sosial atau Social Skill Training (SST)

Dikutip dari VeryWellMind, Pelatihan keterampilan sosial atau Social Skill Training (SST) adalah jenis terapi perilaku yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan sosial pada penderita gangguan jiwa atau disabilitas perkembangan.

SST dapat digunakan oleh guru, terapis, atau profesional lainnya untuk membantu mereka yang mengalami gangguan kecemasan, gangguan mood, gangguan kepribadian, dan diagnosis lainnya.

Hal ini disampaikan baik secara individu atau dalam format kelompok, biasanya sekali atau dua kali seminggu, dan sering digunakan sebagai salah satu komponen dari program pengobatan gabungan.

Pelatihan Keterampilan Sosial dan SAD

Kecemasan sosial dapat berdampak pada keterampilan sosial dalam berbagai cara. Orang dengan gangguan kecemasan sosial (SAD) cenderung tidak terlibat dalam interaksi sosial, sehingga memberikan mereka lebih sedikit kesempatan untuk membangun keterampilan dan mendapatkan kepercayaan diri.1

Asosiasi Kecemasan dan Depresi Amerika mencatat bahwa orang dengan gangguan kecemasan sosial belum tentu kurang memiliki keterampilan sosial. Sebaliknya, mereka cenderung terlalu terbebani dengan rasa cemas sehingga mereka kesulitan memanfaatkan keterampilan mereka.2
Pelatihan keterampilan sosial dapat membantu orang merasa lebih nyaman dan memanfaatkan keterampilan komunikasi dan interpersonal mereka dengan lebih efektif.

SAD juga dapat berdampak langsung pada perilaku sosial terlepas dari tingkat keahliannya. Misalnya, Anda mungkin tahu bahwa kontak mata itu penting tetapi merasa tidak mampu mempertahankannya selama percakapan karena takut.

Gangguan Kecemasan Sosial Telah Menggantikan Fobia Sosial

SST telah terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial bagi penderita SAD terlepas dari masalah sosialnya. Jika terdapat kekurangan keterampilan, Anda dapat mempelajari cara mengelola interaksi sosial dengan lebih baik.3

Jika kecemasan sosial menutupi kemampuan sosial Anda, latihan dan paparan selama SST dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri Anda serta mengurangi kecemasan Anda tentang situasi sosial. Bagi mereka yang menderita gangguan kecemasan sosial, SST sering digunakan dalam kombinasi dengan pengobatan lain seperti terapi perilaku kognitif (CBT) atau pengobatan .

Teknik Pelatihan Keterampilan Sosial

SST umumnya dimulai dengan penilaian terhadap defisit dan gangguan keterampilan spesifik Anda. Terapis Anda mungkin menanyakan interaksi sosial mana yang menurut Anda paling menantang atau keterampilan mana yang menurut Anda dapat ditingkatkan.

Tujuan dari proses ini adalah untuk mengidentifikasi target terbaik pelatihan keterampilan sosial untuk situasi khusus Anda.
Setelah bidang sasaran tertentu diidentifikasi, teknik untuk meningkatkan keterampilan sosial diperkenalkan. Biasanya, perubahan dilakukan di satu area pada satu waktu untuk memastikan Anda tidak kewalahan.

Seorang terapis mungkin mendeskripsikan keterampilan tertentu, menjelaskan cara melaksanakannya, dan mencontohkan perilaku. Perilaku kompleks seperti cara melakukan percakapan dapat dipecah menjadi bagian-bagian kecil seperti memperkenalkan diri , berbasa-basi, dan meninggalkan percakapan. Terapis juga akan mendiskusikan perilaku verbal dan nonverbal.4

Teknik SST

– Latihan perilaku :

Permainan peran yang melibatkan praktik keterampilan baru selama terapi dalam situasi simulasi
Umpan balik korektif : Digunakan untuk membantu meningkatkan keterampilan sosial selama latihan

– Instruksi :

Komponen pendidikan SST yang melibatkan pemodelan perilaku sosial yang sesuai

– Penguatan positif :

digunakan untuk menghargai peningkatan keterampilan sosial
Tugas pekerjaan rumah mingguan : Memberikan kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan sosial baru di luar terapi

Itulah apa itu Terapi Keterampilan Sosial atau Social Skill Training (SST), teknik, dan manfaatnya.***