Mengenal Terapi Gestalt dan Daftar Gangguan Kesehatan Mental yang Bisa Diatasi

Jenis-jenis Terapi yang Dilakukan Psikolog dan Penjelasannya
Jenis-jenis Terapi yang Dilakukan Psikolog dan Penjelasannya

HEalmind – Simak pengertian Terapi Gestalt dan daftar gangguan kesehatan mental yang bisa diatasi dengan metode ini, di sini.

DIkutip dari webmd.com, Terapi Gestalt merupakan salah satu bentuk psikoterapi yang berpusat pada peningkatan kesadaran, kebebasan, dan pengarahan diri seseorang. Ini adalah bentuk terapi yang berfokus pada momen saat ini dan bukan pada pengalaman masa lalu.

Terapi Gestalt didasarkan pada gagasan bahwa orang dipengaruhi oleh lingkungannya saat ini. Setiap individu bekerja untuk mencapai pertumbuhan dan keseimbangan pribadi. 

Terapi Gestalt berfokus pada penggunaan empati dan penerimaan tanpa syarat. Hal ini membantu individu menghilangkan tekanan dengan belajar bagaimana memercayai dan menerima apa yang mereka rasakan. 

Kata “gestalt” adalah istilah Jerman tanpa terjemahan langsung ke bahasa Inggris. Umumnya berarti “keseluruhan” atau “bentuk”. Ini adalah gagasan yang memandang setiap individu sebagai perpaduan pikiran, emosi, tubuh, dan jiwa dengan pengalaman dan realitas unik.

Dalam praktiknya, para profesional psikologi menerapkan konsep ini dengan membantu orang berkonsentrasi pada apa yang terjadi dalam kehidupan mereka saat ini daripada fokus pada pengalaman masa lalu. Terapi Gestalt berfokus pada saat ini dan saat ini.

Melalui terapi gestalt, individu mampu mengembangkan perspektif baru dan membawa perubahan positif dalam hidupnya. Mereka dapat melakukan ini karena terapi gestalt meningkatkan kesadaran diri dan pemahaman yang jelas tentang pikiran, emosi, dan perilaku.

Sejak diperkenalkan, terapi gestalt telah menjadi pendekatan terapeutik yang terbukti dan efektif dalam mengatasi dan mengobati berbagai kondisi kesehatan mental. Beberapa kondisi tersebut antara lain:

  • Kecemasan. Terapi Gestalt membantu orang fokus pada masa kini. Hal ini memungkinkan individu untuk menemukan pikiran, perasaan, atau perilaku apa yang mungkin membuat mereka merasa cemas .
  • Masalah kesehatan perilaku. Terapi Gestalt dapat membantu orang dengan kondisi perilaku seperti gangguan bipolar . Ini juga merupakan metode terapi yang efektif untuk menangani penyalahgunaan zat, perjudian kompulsif, dan PTSD . Orang yang berjuang dengan kondisi ini mungkin mengembangkan pandangan baru tentang kehidupan melalui terapi gestalt dan mungkin melihat perubahan positif dalam gaya hidup mereka.
  • Depresi. Karena terapi gestalt berfokus pada kesadaran diri, terapi ini dapat membantu penderita depresi menyadari kemungkinan situasi stres yang memicu depresi mereka.
  • Kesulitan hubungan . Terapi Gestalt dapat membantu pasangan mengenali perilaku destruktif yang mungkin berdampak negatif pada hubungan mereka. Hal ini dapat membantu mereka berupaya membuat perubahan positif dalam hubungan dan gaya hidup individu.
  • Masalah harga diri. Terapi Gestalt membantu orang dengan harga diri rendah mengidentifikasi dan mengatasi faktor mendasar yang berkontribusi terhadap rendahnya harga diri mereka.***