Mengenal Grief Counseling atau Terapi Duka, Teknik, Jenis, dan Manfaatnya

Jenis-jenis Anxiety Disorder, Penyebab, dan Cara Mengatasinya
Jenis-jenis Anxiety Disorder, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Healmind – Simak penjelasan tentang Grief Counseling atau Konseling Duka atau Terapi Duka, teknik, jenis, dan manfaatnya, di sini.

Kematian orang yang dicintai dapat menyebabkan rasa sakit emosional dan fisik yang terkadang mengganggu kemampuan Anda untuk berfungsi.

Konseling duka dapat melibatkan kerja sama dengan konselor, terapis, psikolog, atau kelompok pendukung untuk mengatasi perasaan Anda

Apa Itu Konseling Duka?

Dilansir dari verywellmind.com, Konseling duka, juga dikenal sebagai terapi duka , adalah suatu bentuk terapi yang dimaksudkan untuk membantu Anda mengatasi kehilangan, seperti kematian pasangan, anggota keluarga, teman, kolega, atau hewan peliharaan. 1

Dalam jangka pendek, konseling duka dapat membantu Anda menghadapi dampak kehilangan dan membuat keputusan praktis, seperti pengaturan pemakaman. Dalam jangka panjang , ini dapat membantu Anda menerima kehilangan orang yang Anda cintai dan beradaptasi dengan hidup tanpa mereka. 3

Jenis Konseling Duka

Konseling duka dapat membantu orang-orang dari segala usia mengatasi kesedihan dan emosi lain yang merupakan bagian dari reaksi normal saat kehilangan seseorang.

Namun, Anda bisa mendapatkan manfaat dari bentuk terapi lain jika kesedihan Anda sangat berat dan Anda merasa sulit untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa opsi lain yang tersedia untuk Anda.

Terapi Duka

Bentuk terapi ini dapat membantu mengatasi masalah perilaku dan fisik yang mungkin Anda hadapi setelah kehilangan. Ini juga dapat membantu Anda jika Anda tidak dapat memisahkan diri secara emosional dari orang yang telah meninggal dunia. 4

Terapi Duka yang Rumit

Duka yang rumit adalah suatu kondisi di mana kesedihan menguasai Anda dan tidak kunjung hilang. Hal ini dapat mengakibatkan pikiran yang meresahkan, perilaku disfungsional, dan kesulitan mengatur emosi, sehingga membuat Anda lebih sulit beradaptasi dengan kehidupan tanpa orang yang Anda cintai. 5

Terapi kesedihan yang rumit (CGT) adalah salah satu bentuk psikoterapi yang dapat membantu Anda mengatasi kesedihan semacam ini. 6

Terapi Duka Traumatis

Anda mungkin mengalami kesedihan traumatis jika Anda kehilangan orang yang Anda cintai secara tiba-tiba atau jika Anda menyaksikan kematiannya.

Terapi kesedihan traumatis dapat membantu Anda mengatasi intensitas kesedihan, mengurangi gejala trauma, dan membekali Anda dengan keterampilan mengatasi masalah.

Teknik Konseling duka

Konseling duka melibatkan pembicaraan tentang orang yang telah kehilangan Anda, hubungan Anda dengan orang tersebut, bagaimana orang tersebut meninggal, bagaimana dampak kematiannya terhadap Anda, dan cara Anda mengatasinya.

Berikut adalah beberapa teknik yang mungkin digunakan oleh konselor atau terapis duka:

  • Terapi Penerimaan dan Komitmen (ACT) : ACT adalah salah satu bentuk psikoterapi yang mendorong Anda untuk menerima perasaan dan keadaan negatif sehingga Anda dapat mulai fokus pada pola yang lebih sehat yang dapat membantu Anda mencapai tujuan.
  • Terapi Perilaku Kognitif (CBT) : CBT juga merupakan salah satu bentuk psikoterapi. Ini melibatkan mengidentifikasi dan mengubah pola pikir yang dapat memengaruhi perilaku Anda secara negatif.
  • Terapi Kelompok : Bentuk terapi ini dilakukan dalam kelompok. Akan melegakan jika Anda bisa menceritakan perasaan Anda kepada orang lain yang juga mengalami hal yang sama dan berupaya untuk pulih bersama.
  • Terapi Seni : Terapi seni menggunakan bentuk-bentuk kreatif untuk mengekspresikan emosi Anda dan mendorong penyembuhan. Hal ini dapat bermanfaat bagi orang-orang dari segala usia, termasuk anak-anak, yang mungkin kesulitan mengomunikasikan perasaan mereka.
  • Terapi Bermain: Terapi bermain sering kali digunakan untuk membantu memperoleh wawasan tentang pikiran dan perasaan anak guna membantu mereka memproses emosi yang belum terselesaikan dan membangun pola perilaku yang konstruktif.

Manfaat Konseling Duka

Konseling duka dapat memberi Anda beberapa manfaat, yang meliputi:

  • Lebih sedikit gejala fisik dan emosional
  • Pengembangan keterampilan mengatasi masalah yang dapat membantu Anda beradaptasi dengan kehidupan tanpa orang yang Anda cintai
  • Peningkatan kesadaran diri, saat Anda mulai memahami apa yang Anda rasakan dan alasannya
  • Penerimaan atas kehilangan Anda, yang melibatkan mengintegrasikannya ke dalam kenyataan Anda dan menjaga ikatan yang sehat dengan orang yang hilang, saat Anda melanjutkan hidup Anda.

Itulah penjelasan tentang Grief Counseling atau Konseling Duka atau Terapi Duka, teknik, jenis, dan manfaatnya.***