Mengenal Apa Itu Psikologi, Jenis-jenis, serta Perbedaan Psikolog dan Psikeater

Konsep Self Esteem atau Ciri-ciri Harga Diri yang Sehat
Konsep Self Esteem atau Ciri-ciri Harga Diri yang Sehat

Healmind – Simak penjelasan mengenai apa itu Psikologi, jenis-jenisnya, serta perbedaan psikolog dan psikeater, di sini.

Dilansir dari laman resmi Rumah Sakit Ciputra, psikologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pikiran dan perilaku manusia.

Ilmu psikologi mempelajari berbagai faktor yang mempengaruhi tingkah laku manusia, seperti faktor tempat tinggal, keluarga, lingkungan sosial, atau faktor genetik.

Ilmu psikologi membantu kita untuk lebih memahami kondisi orang lain sehingga membuat kita tidak mudah menghakimi mereka.

Jika Anda tertarik mempelajari ilmu psikologi, Anda perlu mengetahui bahwa terdapat banyak bagian di dalam ilmu psikologi.

Ilmu psikologi memuat cakupan yang cukup luas meliputi pemikiran manusia, perilaku, perkembangan, kepribadian, emosi, motivasi dan lain sebagainya.

Itulah mengapa Anda perlu mengetahui apa saja bagian bidang dalam ilmu psikologi yang ada pada saat ini.

Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan adalah salah satu cabang ilmu psikologi yang mempelajari proses tumbuh kembang manusia dari lahir hingga meninggal. Topik-topik yang biasa dibahas dalam psikologi perkembangan adalah mengenai perkembangan manusia pada setiap periode usia, kemampuan kognitif, perkembangan fisik, perkembangan emosional, kemampuan bahasa, minat dan hambatan pada setiap usia.

Tokoh-tokoh psikologi yang berpengaruh terhadap ilmu psikologi perkembangan manusia seperti Sigmund freud, Erik Erickson, Jean Piaget, dan Lev Vygotsky. Masing-masing tokoh memiliki pandangan yang berbeda tentang perkembangan manusia, namun masing-masing mereka justru memberikan sumbangsih terhadap ilmu psikologi khususnya perkembangan manusia.

Psikologi Anak

Psikologi anak adalah bagian dari psikologi perkembangan yang fokus mempelajari proses tumbuh kembang anak dari lahir sampai pada usia tertentu.

Hal-hal yang akan dipelajari biasanya mencakup perkembangan fisik anak, fungsi psikologis, perkembangan bicara, pola perilaku sosial, dan perkembangan kepribadian anak. Pengetahuan ini penting sekali untuk dipahami, terlebih bagi orang tua.

Hal ini bertujuan supaya orang tua dapat memberikan pola asuh yang terbaik bagi anaknya. Walau begitu, siapapun bebas mempelajarinya, terlebih bagi Anda yang tertarik dengan perkembangan anak-anak, atau sedang mempersiapkan diri menjadi orang tua.

Psikologi Sosial

Ada banyak faktor yang mempengaruhi perilaku manusia. Hal ini dipelajari secara khusus di psikologi sosial. Sama halnya dengan psikologi anak dan perkembangan, psikologi sosial adalah cabang dari ilmu psikologi. Pada psikologi sosial, Anda akan fokus pada pembelajaran tentang pengaruh sosial terhadap pikiran dan tingkah laku manusia.

Perbedaan Psikolog dan Psikiater

Psikolog dan psikiater sekilas memang sama, tapi ternyata memiliki fungsi yang berbeda. Untuk menjadi seorang psikolog, seseorang perlu mengambil studi S1 dan S2 profesi psikologi, agar bisa mendapatkan izin praktik. Sedangkan psikiater perlu mengambil S1 kedokteran dan spesialis kesehatan jiwa.

Secara latar belakang pendidikan mereka sudah berbeda. Adapun fungsi dari masing-masing profesi ini adalah psikolog berhak untuk memberikan diagnosis pada kasus kejiwaan dan memberikan psikoterapi serta intervensi lain sebagai bentuk penanganan. Berbeda dengan psikolog, psikiater berhak untuk memberikan obat-obatan sebagai intervensi tambahan, hal ini tidak boleh dilakukan oleh seorang psikolog.

Bagaimana sudah tahu kan apa itu psikologi, jenis-jenis ilmu psikologi serta perbedaan mengenai psikolog dan psikiater. Ilmu ini dapat dipelajari untuk menambah wawasan Anda tentang perilaku manusia yang banyak jenisnya, harapannya setelah Anda membaca artikel ini, Anda semakin tertarik untuk belajar psikologi lebih dalam.