Mengenal Apa Itu Open Minded, Ciri-ciri, dan Cara Menjadi Pribadi Berpikiran Terbuka

Contoh Psikologi Positif dan Manfaatnya
Contoh Psikologi Positif dan Manfaatnya

Healmind – Simak penjelasan mengenai apa itu Open Minded, ciri-ciri, dan cara menjadipribadi berpikiran terbuka, di sini.

Apa itu Open Minded?

Dikutip dari laman resmi Universitas Medan Area, Open minded adalah pemikiran terbuka. Keterbukaan pikiran adalah bentuk penerimaan diri terhadap ide-ide baru. Intinya open mindedness berkaitan dengan bagaimana kita menerima pandangan, pengetahuan, dan perbedaan orang lain.

Selain itu, open minded mindset juga bisa membuat Anda menambah wawasan dan pengalaman baru, menjalin hubungan sosial yang harmonis dengan orang lain, serta melatih pikiran Anda untuk lebih kuat dan optimis.

Ciri-Ciri Orang Berwawasan Terbuka

Orang yang memiliki pola pikir open minded memiliki beberapa karakteristik yang menonjol. Nah, berikut beberapa contoh sikap orang yang berpikiran terbuka:

Terbuka terhadap pemikiran dan pendapat orang lain.
Tidak takut untuk mengungkapkan pikiran dan pendapat pribadi.
Tidak takut melakukan kesalahan.
Memiliki empati yang tinggi.
Percaya bahwa setiap orang memiliki hak untuk membagikan pemikiran mereka sendiri.
Miliki sikap rendah hati.

Jika Anda melihat ciri-ciri tersebut pada diri Anda, mungkin Anda sudah memiliki pikiran yang terbuka. Kalau belum, jangan khawatir, karena open minded thinking ternyata bisa dipelajari lho.

Cara Menjadi Open Minded

Mempraktikkan open minded thinking tidaklah mudah. Anda harus terbuka terhadap ide, opini, atau nilai baru yang membutuhkan proses adaptasi dan waktu. Untuk mengembangkan pemikiran terbuka, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Menerima Ketidaktahuan

Tentu saja, ada banyak hal di dunia ini yang tidak kita ketahui. Sekarang, menyadari dan menerima ketidaktahuan dapat membantu Anda mempraktikkan pola pikir berpikiran terbuka. Sikap ini dapat memicu empati. Karena kita akan menyadari bahwa banyak hal yang tidak kita ketahui di dunia ini.

Dengan sikap sadar akan kebodohan, kita akan terlatih untuk bisa menerima perbedaan yang ada di sekitar kita.

2. Menerima Kebodohan yang Dimiliki

Jika Anda mendapatkan informasi, ide atau gagasan baru, namun sulit menerimanya, cobalah melakukan refleksi diri dengan bertanya pada diri sendiri. Misalnya, berapa banyak informasi yang Anda ketahui tentang suatu hal atau ide, mengapa Anda tidak menyukainya, atau Anda harus membuat konflik dengan orang lain karenanya?

Dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri untuk refleksi ini, akan membantu Anda mengambil sikap yang lebih bijaksana dan terbuka dalam menanggapi ide atau hal baru.

3. Cari Keanekaragaman

Untuk dapat mengembangkan pemikiran terbuka, Anda dapat mencoba untuk lebih sering bergaul dengan orang-orang yang memiliki latar belakang, ras, suku, budaya atau agama yang berbeda dari diri Anda. Metode ini penting untuk mengetahui varietas yang ada di lingkungan Anda. Dengan demikian, Anda akan terbiasa bersikap toleran bahkan menikmati perbedaan dan keragaman yang ada.

Ciri-ciri Open Minded

1. Menjadi Orang yang Positif

2. Anda Dapat Melihat Tujuan Anda Dengan Jelas

3. Menjadi Lebih Optimis

4. Hindari Stres

5. Hindari apa yang disebut konflik

6. Punya Banyak Teman

7. Mendapatkan Hal Baru

Itulah penjelasan mengenai apa itu Open Minded, ciri-ciri, dan cara menjadipribadi berpikiran terbuka.***