Mengenal Apa Itu Konseling Kesehatan Mental, Manfaat, dan Jenis-jenisnya

Mengenal Apa Itu Konseling Kesehatan Mental, Manfaat, dan Jenis-jenisnya
Mengenal Apa Itu Konseling Kesehatan Mental, Manfaat, dan Jenis-jenisnya

Healmind – Simak penjelasan tentang apa itu konseling kesehatan mental, jenis-jenis, dan manfaatnya, di sini.

Apa Itu Kesehatan Mental?

Dikutip dari VerryWellHealth, kesehatan mental melibatkan cara kita berpikir, merasakan, bertindak, dan bergaul dengan orang lain. Hal ini juga berkaitan dengan kemampuan kita untuk membuat pilihan dan menangani tantangan.

Menjadi sehat secara mental membantu kita mengembangkan hubungan positif dengan diri sendiri dan orang lain. Hal ini memungkinkan kita menjalani kehidupan yang produktif dan memberdayakan orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Kesehatan mental juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Orang dengan penyakit mental mempunyai risiko lebih besar terkena penyakit jantung , diabetes tipe 2 , dan gangguan penggunaan narkoba .

Jenis Konseling Kesehatan Mental

Konseling kesehatan mental bertujuan untuk mendiagnosis dan membantu meningkatkan kesejahteraan emosional dan perilaku. Ini dapat berfungsi sebagai alternatif pengobatan atau digunakan dengan obat-obatan atau perawatan kesehatan mental lainnya.

Profesional kesehatan mental menggunakan berbagai format konseling tergantung pada orang, kelompok, atau jenis kondisi mental.

Konselor vs. Terapis

Secara teknis, istilah “konselor” dan “terapis” tidaklah sama . Pelatihan, perizinan, dan metode pengobatan berbeda antara kedua profesi dan dapat memengaruhi pengalaman dan hasil Anda saat dilihat.

Konselor dan terapis sama-sama menggunakan terapi bicara dengan pasien, namun konseling tidak diatur seperti terapi. Konselor seperti pelatih kehidupan atau karier mungkin tidak memiliki gelar yang lebih tinggi atau tunduk pada dewan lisensi profesional.

Terapis harus memiliki lisensi untuk mengiklankan layanan mereka.

– Psikoterapi

Psikoterapi, juga dikenal sebagai terapi bicara, adalah saat seseorang, pasangan, keluarga, atau kelompok bertemu dengan penyedia kesehatan mental dan membicarakan kekhawatiran mereka.

Metode konseling ini membantu seseorang mempelajari emosi, pikiran, dan perilakunya serta bagaimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi kehidupannya. Hal ini juga menawarkan cara untuk membantu mengubah pemikiran dan respons mereka terhadap stres .

Psikoterapi termasuk psikoedukasi, yang mendidik orang-orang dan orang-orang yang mereka cintai tentang gangguan mental mereka, pengobatan yang direkomendasikan, dan strategi penanggulangannya. 4

Profesional kesehatan mental dapat menawarkan beberapa jenis psikoterapi termasuk: 5

  • Terapi perilaku kognitif (CBT)
  • Terapi dialektis
  • Terapi antarpribadi
  • Terapi psikodinamik

– Psikologi

Psikologi adalah studi ilmiah tentang pikiran dan perilaku. Ini mengeksplorasi faktor biologis, lingkungan, dan sosial yang mempengaruhi emosi, pikiran, dan tindakan masyarakat.

Bidang psikologi mencakup banyak bidang spesialisasi, seperti:

  • Psikologi abnormal (psikopatologi) : Berfokus pada penelitian dan pengobatan perilaku tidak biasa dan gangguan mental 6
  • Biopsikologi : Melihat bagaimana perubahan struktur dan pola di dalam otak mempengaruhi pikiran dan perilaku 7
  • Psikologi perkembangan : Menjelajahi pertumbuhan dan perkembangan manusia yang berkaitan dengan emosi, identitas, kognisi, moral, dan fungsi sosial 8
  • Psikologi kepribadian : Berhubungan dengan perkembangan kepribadian dan bagaimana karakteristik, pemikiran, dan perilaku seseorang menjadikannya unik 9

– Psikiatri

Psikiatri membahas aspek mental dan fisik dari penyakit mental. Psikiater adalah dokter medis, sehingga mereka dapat meresepkan obat yang dikombinasikan dengan terapi bicara sesuai kebutuhan. 10

Perawatan psikiatris mungkin mencakup obat-obatan seperti:

  • Antidepresan : Dapat membantu meningkatkan kadar bahan kimia otak yang diduga mengatur suasana hati 11
  • Penstabil suasana hati : Digunakan untuk membantu mengobati gangguan bipolar dan kondisi terkait
  • Stimulan : Sering diresepkan untuk mengobati gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif (ADHD)
  • Obat penenang : Membantu memperlambat aktivitas otak, digunakan untuk mengobati kecemasan dan gangguan tidur 12
  • Antipsikotik : Dapat membantu menangani psikosis , suatu kondisi yang ditandai dengan hilangnya kontak dengan kenyataan

– Terapi Arus Listrik

Dalam kasus penyakit mental parah yang tidak merespons terapi bicara atau pengobatan, psikiater mungkin beralih ke elektrokonvulsif.terapi . Selama prosedur non-invasif dan tidak menimbulkan rasa sakit ini, seorang profesional kesehatan memberikan arus listrik terkontrol ke otak.

Orang yang menerima perawatan ini diberikan anestesi dan pelemas otot untuk mengurangi risiko cedera. Tergantung pada tingkat keparahan kondisi Anda, Anda dapat menerima terapi ini hingga dua hingga tiga kali seminggu.

Psikiater vs. Psikolog

Psikiater dan psikolog memiliki perbedaan penting dalam pelatihan mereka dan apa yang boleh mereka lakukan, termasuk:

Psikiater adalah dokter medis yang dapat meresepkan obat dan menawarkan konseling. Psikolog mempunyai gelar doktor, tetapi mereka bukan dokter medis. Sebagian besar dapat memberikan terapi bicara, namun mereka tidak dapat meresepkan obat.

– Pekerjaan sosial

Pekerja sosial dapat memberikan konseling kesehatan mental dengan terapi individu, kelompok, dan keluarga . Sesuai dengan lisensi merekaatau sertifikasi, mereka dapat menilai, mencegah, mendiagnosis, atau mengobati gangguan kesehatan mental dan kecanduan.

Para profesional ini bekerja di praktik swasta, tempat perawatan primer, pusat kesehatan mental komunitas, rumah sakit, dan pusat perawatan.***