Mengenal Apa Itu Gangguan Bipolar: Jenis-jenis, dan Penyebabnya

Mengenal Apa Itu Gangguan Bipolar: Jenis-jenis, dan Penyebabnya
Mengenal Apa Itu Gangguan Bipolar: Jenis-jenis, dan Penyebabnya

Healmind – Simak penjelasan tentang gangguan bipolar, jenis-jenis, dan penyebabnya, di sini.

Dikutip dari RS Siloam, bipolar disorder atau gangguan bipolar adalah masalah mental yang menyebabkan perubahan suasana hati secara drastis.

Kondisi ini dapat menyebabkan penderitanya pada suatu saat merasa sangat bahagia (mania atau hipomania), lalu kemudian di waktu lain berubah menjadi sangat sedih dan putus asa (depresi).

Sebetulnya, apa penyebab bipolar dan bagaimana cara menanganinya? Mari simak ulasan berikut ini untuk mengetahui penjelasan lengkap dari gangguan bipolar.

Apa itu Bipolar?

Bipolar disorder atau gangguan bipolar adalah gangguan mental yang dapat memengaruhi perubahan suasana hati, konsentrasi, dan tingkat aktivitas seseorang secara tiba-tiba.

Gangguan mental ini perlu segera ditangani dengan tepat karena dapat memengaruhi produktivitas hingga meningkatkan risiko keinginan bunuh diri pada penderitanya.

Jenis-jenis Bipolar

Bipolar adalah masalah mental yang dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, yaitu:

– Bipolar I disorder (bipolar tipe I):

Jenis bipolar yang tergolong paling parah. Kondisi ini ditandai dengan satu atau lebih fase mania (perasaan bahagia dan bersemangat ekstrem) yang dapat diikuti dengan hipomania (bentuk mania yang lebih ringan) ataupun depresi.

– Bipolar II disorder (bipolar tipe II):

Penderita bipolar tipe II setidaknya mengalami satu fase hipomania dan satu fase depresi, namun tidak pernah terjadi fase mania. Pada beberapa kasus, bipolar tipe II dapat berkembang menjadi bipolar tipe I.

– Cyclothymic disorder (gangguan siklotimia):

Jenis bipolar yang tergolong langka. Kondisi ini ditandai dengan banyak fase hipomania dan depresi yang terjadi secara berulang selama 2 tahun atau selama 1 tahun pada masa kanak-kanak atau remaja. Gejala gangguan siklotimia cenderung lebih ringan daripada bipolar tipe I atau tipe II. Namun, gangguan siklotimia juga dapat berkembang menjadi bipolar tipe I dan II.

– Jenis bipolar lainnya:

Bipolar ini biasanya ditandai dengan perubahan suasana hati secara drastis, namun tidak sesuai dengan kriteria bipolar tipe I, tipe II, ataupun gangguan siklotimia. Kondisi ini biasanya dipicu oleh konsumsi obat-obatan, konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, ataupun kondisi medis tertentu.

Penyebab Gangguan Bipolar

Belum diketahui secara pasti apa penyebab dari bipolar disorder. Namun, sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan bipolar adalah sebagai berikut:

  • Pernah mengalami kejadian traumatis, seperti kekerasan fisik, bencana alam, ataupun kecelakaan lalu lintas.
  • Stres berat yang bisa dipicu oleh kehilangan orang yang dicintai atau karena masalah keuangan.
  • Gangguan tidur.
  • Ketidakseimbangan zat kimia di dalam otak (neurotransmitter) yang terkait dengan suasana hati, seperti serotonin, noradrenalin, dan dopamin.
  • Menderita kondisi medis tertentu yang tidak kunjung sembuh.
  • Terdapat riwayat keluarga dengan gangguan bipolar.
  • Penyalahgunaan NAPZA.
  • Kecanduan minuman beralkohol.***