Mengenal Apa itu Extrovert, Ciri-ciri, Jenis-jenis, dan Kelebihannya

Manfaat Olahraga untuk Terapi Kesehatan Mental
Manfaat Olahraga untuk Terapi Kesehatan Mental

Healmind – Simak penjelasan mengenai apa itu extrovert, ciri-ciri, jenis-jenis, dan kelebihannya, di sini.

1. Apa Itu Ekstrovert?

Ekstrovert adalah sebutan untuk seseorang yang cenderung mendapatkan energi dan kepuasan dari interaksi sosial dan lingkungan sekitarnya.

Mereka merasa energik dan nyaman dalam keramaian, sehingga mudah bagi mereka untuk berbagi pikiran maupun pendapat secara cuma-cuma.

Kegemaran mereka akan bersosialisasi menjadikan mereka mudah bergaul dengan siapa saja dan sangat aktif dalam kegiatan sosial. Singkatnya, mereka sangat pandai bergaul.

2. Ciri-Ciri Orang Ekstrovert

Dilansir melalui salah satu situs bernama verywellmind.com, berikut adalah beberapa ciri-ciri yang umum terlihat pada orang ekstrovert.

  • Bersemangat dan Punya Banyak Energi

Orang ekstrovert cenderung merasa energik dan bersemangat saat berada di tengah keramaian dan berinteraksi dengan orang lain. Tak ayal, mereka bisa dengan mudah dikenali melalui tingkah lakunya.

  •  Senang Berbicara dan Nyaman Dikelilingi Banyak Orang

Mereka yang berkepribadian ekstrovert sangat menikmati berbincang-bincang dan berbagi pendapat dengan orang lain, dan sering kali menjadi pusat perhatian di suatu acara maupun kelompok.

Bagi mereka, berbicara dan dikelilingi oleh banyak orang merupakan sesuatu yang menyenangkan dan mampu me-recharge energi yang sempat hilang.

  •  Mencari Ide dan Inspirasi Melalui Orang Lain

Ciri berikutnya dari kepribadian ekstrovert adalah gemar mencari ide dan inspirasi dengan berbicara bersama orang lain. Hal ini sejatinya dapat dikatakan sebagai salah satu kelebihan yang dimiliki oleh mereka.

Salah satu contohnya yakni saat mereka bertemu dengan orang lain mereka mampu berbicara dengan durasi waktu yang cukup lama dan tak jarang mereka bisa dengan mudah terinspirasi dari percakapan yang ada.

  • Mudah Beradaptasi

Selanjutnya yakni mudah beradaptasi. Orang ekstrovert bisa dengan mudah berbaur dengan lingkungan baru dan menikmati kegiatan sosial yang beragam. Mereka percaya mengenal lebih banyak orang adalah sesuatu yang menyenangkan dan menjadi pengalaman yang berharga.

  • 2.5. Aktif Mengikuti Berbagai Kegiatan

Bukan hal yang aneh maupun janggal jika seorang ekstrovert aktif mengikuti berbagai kegiatan. Pasalnya, mereka sangat suka bergaul dan dikelilingi oleh banyak orang. Jika orang introvert merasa mudah lelah saat terlalu sering berada di keramaian, orang ekstrovert justru sebaliknya.

  •  Optimis dan Percaya Diri

Meskipun tidak dapat memprediksi masa depan, orang dengan kepribadian ekstrovert adalah pribadi yang optimis dan percaya diri. Hal ini dikarenakan mereka sudah terbiasa bersosialisasi dan berkecimpung langsung dengan berbagai kelompok. Tak heran jika lingkup pertemanan yang mereka miliki pun sangat luas.

3. Tipe-Tipe Ekstrovert dan Kelebihannya

Menurut teori kepribadian Carl Jung, terdapat empat tipe ekstrovert yang berbeda, antara lain sebagai berikut.

  • Ekstrovert Sensorik (Extroverted Sensors)

Ekstrovert yang satu ini mudah terinspirasi oleh dunia luar yang melibatkan indra perasa, seperti pendengaran, penglihatan, dan lain sebagainya.

  •  Ekstrovert Perasa (Extroverted Feelers)

Lain halnya dengan ekstrovert sensorik, tipe yang satu ini sangat peka terhadap perasaan dan emosi yang dirasakan oleh orang lain atau lawan bicaranya.

  •  Ekstrovert Intuitif (Extroverted Intuitive)

Ekstrovert adalah mereka yang gemar bergaul dan bersosialisasi dengan siapa saja. Tipe yang satu ini boleh dikatakan sangat menikmati berpikir secara abstrak, berdiskusi dalam percakapan yang mendalam, dan seringkali memiliki ketertarikan pada ide-ide kompleks.

  •  Ekstrovert Pemikir (Extroverted Thinkers)

Tipe yang terakhir yaitu ekstrovert pemikir. Orang dengan tipe ini cenderung berorientasi pada tujuan goals yang ingin mereka capai, misalnya dalam meraih prestasi tinggi atau karir yang gemilang. Tak heran jika mereka mampu membuat keputusan dengan cepat.

Itulah penjelasan mengenai apa itu extrovert, ciri-ciri, jenis-jenis, dan kelebihannya.***