Mengenal Apa Itu Burnout, Tanda-tanda, dan Cara Mencegahnya

Cara Mengelola atau Manajemen Stres
Cara Mengelola atau Manajemen Stres

Healmind – Simak penjelasan mengenai apa itu burnout, tanda-tanda, dan cara mencegahnya, di sini.

Dilansir dari Medical News Today, burnout adalah stres yang dialami ketika seseorang menghadapi suatu pekerjaan yang menguras energi hingga merasa kewalahan dan tak berdaya.

Dalam beberapa kasus, kondisi ini akan membuat seseorang kehilangan minat terhadap pekerjaan yang dilakukannya. Menurut WebMD, orang yang merasa lelah secara fisik dan mental cenderung tidak produktif sehingga memiliki performa yang buruk.

Seseorang yang mengalami burnout juga akan mengalami penurunan kekebalan tubuh sehingga lebih rentan terhadap penyakit.

Tanda Seseorang Mengalami Burnout

Menurut Verywell Mind, kondisi burnout dapat dibedakan menjadi dua, yaitu secara fisik dan mental. Pada umumnya, seseorang dengan kondisi burnout fisik akan mengalami gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, cenderung muda sakit, dan mengalami gangguan tidur.

Sementara itu, seseorang dengan kondisi burnout mental cenderung kesulitan untuk berkonsentrasi, merasa depresi, merasa rendah diri, hingga kehilangan minat atau kepuasan untuk melakukan kegiatan tertentu.

Melansir dari Verrywell Mind, burnout memiliki gejala yang hampir mirip dengan depresi. Namun, seseorang yang mengalami depresi cenderung memiliki perasaan dan pikiran negatif terhadap banyak aspek kehidupan.

Mencegah Kondisi Burnout

Dikutip dari Cleveland Clinic, Adam Borland, seorang psikolog klinis Amerika berpendapat bahwa penting bagi setiap orang mengenal tanda-tanda burnout agar lebih mampu mengambil jeda untuk beristirahat dan menerapkan manajemen hidup yang lebih baik.

Selain itu, setiap orang juga perlu menjaga komunikasi dengan orang-orang terdekat untuk saling membantu pencegahan burnout.

Lantas, apa yang harus dilakukan saat mengalami kondisi burnout? Dengarkan informasi lengkapnya dalam siniar Obsesif episode “Kelelahan hingga Burnout, Harus Apa? ft. Mindtera” dengan tautan akses dik.si/ObsesifBurnout di Spotify.

Di sana, ada pula beragam informasi menarik seputar dunia kerja untuk job seeker dan fresh graduate.***