Begini Cara Melakukan Meditasi Musik

Pengertian Terapi Musik, Kegunaan, Mekanisme, dan Manfaatnya
Pengertian Terapi Musik, Kegunaan, Mekanisme, dan Manfaatnya

Healmind – Musik memiliki banyak manfaat luar biasa untuk mangurangi stres dan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan sehingga hal yang diperlukan adalah meditasi musik.

Mendengarkan musik dapat membantu menenangkan tubuh ttanpa melakukan upaya sadar, dan itu dapat mengurangi stres dari pikiran kita.

Musik juga dapat meningkatkan suasana hati, menstabilkan pernapasan, dan membuat perubahan pemicu stres lainnya.

Meditasi merupakan salah satu upaya untuk mengurangi stres karena meditasi membawa manfaat jangka pendek seperti pikiran dan tubuh yang tenang, dan dapat membangun ketahanan terhadap stres dari waktu ke waktu.

Menggabungkan musik dengan meditasi dapat memperdalam efek positif dari keduanya, dan memberi efek penghilang stres yang lebih besar.

Meskipun minimal waktu meditasi adalah 20 menit, namun 1 lagu pun bisa membantu mengurangi stres dan mengembalikan energi.

SBanyak sekali hal yang harus kita persiapkan untuk melakukannya.elanjutnya, ada beberapa instruksi ada cara untuk melakukan meditasi diantaranya  yaitu:

1. Meditasi musik harus bisa memilih musik yang bisa membantu tubuh kita untuk rileks

Pilih musik meditasi yang dapat memberikan nuansa rileks untuk tubuh anda.

2. Cari posisi mendengarkan musik yang nyaman

Cari posisi yang nyaman dalam mendengarkan musik.

3. Meditasi musik diperlukan kita fokus saat mendengarkan musik

Ketika mendengarkan musik anda harus fokus.

4. Lanjutkan mendengarkan musik selama beberapa menit hingga waktu berakhir

Melndengarkan musik hingga waktu berakhir dapat menjadikan meditasi berjalan dengan baik.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melakukan meditasi diantaranya yaitu:

  1. Mulailah dengan beberapa lagu dalam waktu sebentar dan terus berlatih hingga dalam waktu yang lebih lama

  2. Jika kamu berfikir bahwa musik banyak membawa mengingat suatu kenangan atau apapun itu, cobalah berganti genre musik seperti ke musik klasik atau jazz

  3. Aturlah waktu  latihan kamu dengan mencoba mendengarkan beberapa lagu terlebih dahulu

  4. Jika menurutmu terlalu banyak atau terlalu lama mendengarkan musik, maka cobalah jangan mengeluh dan cobalah dengan perlahan-lahan.

Demikian informasi yang kami berikan, semoga bermanfaat!

sumber: verywellmind.com