Kenalan dengan Meaningful Relationship, Sudahkah Kamu Mengalaminya?

Pengertian Konseling Traumatik dan Ciri-cirinya
Pengertian Konseling Traumatik dan Ciri-cirinya

Healmind – Berapa banyak sih meaningful relationship yang dapat seseorang miliki dalam satu waktu?

Robin Dunbar seorang psikolog yang terkenal akan Dunbar’s number menjelaskan bahwa manusia hanya mampu mempertahankan hubungan yang stabil dalam satu waktu hanya dengan 150 orang saja. 

Namun, setelah mempelajari lebih jauh mengenai kompleksitas persahabatan, Dunhar menemukan bahwa terdapat lebih banyak angka yang membentuk meaningful relationship. 

Dunbar membagi meaningful relationship menjadi beberapa lapisan 

1. Meaningful relationship tertinggi Intimate

Merupakan lapisan yang berisikan seseorang yang hadir karena adanya hubungan romantisme dengan individu lain seperti pasangan istri/suami

2. Close Friend 

Pada lapisan ini terdiri teman yang bisa dipercaya untuk menjadi tempat curhat bahkan hingga menangis. Mereka merupakan orang yang akan selalu ada untuk mendukung terutama ketika kehidupan kita sedang berantakan.

3. Best Friends

Lapisan yang terdiri dari lapisan sebelumnya beserta dengan teman inti sosial. Teman yang mampu memberikan kesenangan-kesenangan pada hidup bahkan juga dipercaya untuk menitipkan anak dengan mereka. 

4. Good Friends

Pada lapisan ini sering dikenal sebagai sekumpulan orang-orang yang biasanya kita habiskan waktu bersama di akhir pekan. Baik untuk bersenang-senang atau hanya sekedar menghabiskan waktu bersama

5. Friends

Lapisan ini berisikan orang-orang yang kehadirannya sangat jarang atau hanya sekali dalam seumur hidup, seperti pada saat pernikahan atau pemakaman.

Meaningful relationship dapat berubah

Ternyata meaningful relationship yang dimiliki dapat berubah menyesuaikan dengan tempat dan kondisi kita. Perubahan terjadi terutama ketika memasuki usia 20-an, wajar saja ketika hubungan dengan teman mulai merenggang karena orang mulai berpindah untuk mengejar apa yang mereka impikan. 

Pertemanan yang dimiliki akan semakin menurun hingga lanjut usia, karena semakin terkikisnya lapisan terluar secara bertahap. 

Ada quote yang menarik dari buku Dunhar mengenai relasi yang bermakna, yaitu : “Falling in love will cost you two friendships.”

Wajar saja ketika kita bertemu dengan orang baru, dan jatuh cinta, maka kita akan menginvestasikan waktu dan energi kita untuk orang yang kita sayangi. Tak jarang pula akan ada 1-2 teman dekat yang merasa tersingkir setelah kita merasakan jatuh cinta. 

Maka, dengan mengerti beberapa lapisan meaningful relationship dan efeknya terhadap hubungan dengan lingkungan sekitar. Mampu menyadarkan kita bahwa waktu dan energi yang kita miliki sangatlah terbatas.

Sehingga kita perlu memilih untuk menginvestasikan waktu dan energi kita ke orang-orang yang tepat. Karena meaningful relationship yang dimiliki mampu memberikan efek yang besar terhadap perkembangan pribadi.