Manfaat Terapi Interpersonal untuk Mengatasi Gangguan Kepribadian dan Cara Melakukannya

7 Lembaga untuk Konseling Kesehatan Mental Gratis, Ada yang Bisa Online
7 Lembaga untuk Konseling Kesehatan Mental Gratis, Ada yang Bisa Online

Healmind – Simak manfaat Terapi Interpersonal untuk mengatasi gangguan kepribadian dan cara melakukannya, di sini.

Pengertian Terapi Interpersonal

Terapi interpersonal adalah salah satu metode yang diterapkan untuk mengatasi gangguan kesehatan mental. Hal ini dilakukan dengan cara menyelesaikan masalah interpersonal, memperbaiki fungsi sosial, dan gejala kejiwaan.

Dengan cara ini, diharapkan dapat mengobati gangguan kepribadian yang kerap mengganggu seseorang dengan lingkungan yang ada di sekitarnya.

Metode ini umumnya digunakan untuk mengobati gangguan kepribadian ambang karena kelainan ini kerap menimbulkan gejala berupa gangguan mood dan masalah relasional yang serius.

Hal ini dilakukan agar seseorang dapat mencari solusi atas masalah yang terjadi antara diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Dengan rutin melakukan pengobatan ini, diharapkan masalah yang terjadi dapat teratasi atau lebih baik.

Cara Melakukan Terapi Interpersonal

Terapi interpersonal berfokus pada cara seseorang untuk berinteraksi dengan keluarga dan teman. Terapi ini sering dilakukan secara personal bertatap muka dengan terapis agar dapat mengatasi depresi yang terjadi. Gagasannya adalah cara seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain dapat memengaruhi suasana hati dan perasaannya. Selain itu, dapat meningkatkan keterampilan komunikasi menjadi lebih baik.

Di sisi lain, terapi ini berfokus pada keluarga, terutama dilakukan untuk mengatasi gangguan bipolar. Terapi ini mendidik keluarga pengidap masalah mental tersebut terkait kondisi salah satu anggota keluarganya dan memberitahu cara yang paling efektif untuk menanganinya. Lalu, hidup secara efektif dengan gangguan yang berhubungan dengan kondisi-kondisi tersebut.

Itulah manfaat Terapi Interpersonal untuk mengatasi gangguan kepribadian dan cara melakukannya.***