Manfaat Senam Irama untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Apa itu Terapi Olahraga dan Tugas Terapis Olahraga
Apa itu Terapi Olahraga dan Tugas Terapis Olahraga

Healmind – Senam irama merupakan salah satu jenis olahraga yang memanfaatkan irama musik untuk mengiringi gerakannya. Salah satu manfaat senam irama adalah sebagai olahraga yang dapat menyehatkan jantung.

Ya, senam irama yang memiliki gerakan tempo cepat dan lambat ini diketahui dapat melatih jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh secara stabil.

Dikutip dari laman resmi RS Siloam, ada beberapa manfaat senam irama bagi kesehatan fisik dan mental lainnya yang penting untuk Anda ketahui.

8 Manfaat Senam Irama bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Senam irama merupakan salah satu jenis olahraga yang fokus pada kekuatan, kecepatan, dan keserasian gerakan tubuh terhadap alunan musik yang mengiringinya. Senam irama tentunya menjadi salah satu cara yang dapat menjaga serta meningkatkan kebugaran jasmani.

Agar semakin merasa termotivasi untuk melakukannya, mengenal manfaat senam irama penting untuk dilakukan.

Ya, ada banyak manfaat senam irama yang bisa Anda dapatkan, mulai dari melatih kekuatan otot dan tulang, memperbaiki bentuk tubuh, melatih keseimbangan, menjaga kesehatan jantung, hingga meningkatkan kemampuan interaksi sosial. A

dapun ulasan lengkap dari manfaat senam irama sebagaimana dikutip dari laman resmi RS Siloam, adalah sebagai berikut:

1. Melatih Kekuatan Otot dan Tulang

Pada dasarnya, tujuan utama melakukan senam irama adalah untuk melatih kemampuan gerak seseorang. Karena itu, hal pertama yang menjadi manfaat senam irama adalah untuk melatih kekuatan otot dan tulang. Dengan begitu, kemampuan gerak serta fleksibilitas tubuh dapat meningkat.

2. Memperbaiki Bentuk Tubuh

Ya, manfaat senam irama adalah untuk mengencangkan otot sehingga secara tidak langsung dapat memperbaiki bentuk tubuh. Otot tubuh, terutama pada bagian lengan, perut, pinggul, dan paha yang mengencang tentunya dapat membuat bentuk fisik lebih proporsional.

3. Melatih Keseimbangan Tubuh

Selain memengaruhi kekuatan fisik, senam irama juga dapat melatih keseimbangan tubuh. Lantaran setiap gerakan dari senam irama perlu diselaraskan dengan alunan musik yang mengiringinya. Karena itulah, senam irama juga dapat membantu mengoptimalkan kemampuan motorik tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Senam irama yang diiringi oleh musik membuat gerakannya jadi lebih bervariasi, baik dengan tempo cepat maupun lambat. Gerakan yang bervariasi ini akan melatih jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh secara stabil. Oleh karena itu, rutin melakukan senam irama akan membantu menjaga fungsi jantung supaya tetap berjalan optimal.

Tentunya, senam irama ini perlu diiringi dengan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung serta menerapkan pola hidup sehat agar organ vital tersebut lebih terjaga kesehatannya. Dengan begitu, risiko terjangkit berbagai macam penyakit jantung dapat diminimalisir.

5. Melatih Kemampuan Otak

Hal lain yang dapat dirasakan dari manfaat senam irama adalah dapat melatih kemampuan otak. Pasalnya, senam irama ini membutuhkan konsentrasi agar setiap gerakan sesuai dengan musik yang mengiringinya. Selain itu, gerakan dari senam irama juga perlu dihafal. Dengan begitu, daya ingat Anda akan lebih terlatih saat melakukan senam irama.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Selain mengoptimalkan kesehatan fisik, manfaat senam irama adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Ya, senam irama memang membutuhkan ketelatenan untuk menguasainya. Ketika sudah menguasai senam irama, seseorang cenderung akan merasa puas sehingga berdampak pada kepercayaan dirinya.

Di samping itu, senam irama ini biasanya dilakukan secara berkelompok sehingga perlu membangun interaksi sosial antar pesertanya. Interaksi sosial yang baik ini secara tidak langsung juga akan meningkatkan rasa percaya diri.

7. Membantu Melepaskan Stres

Dari sisi psikologis, senam irama yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu untuk melepaskan stres. Senam irama yang dilakukan secara berkelompok dan penuh energi tentu dapat meningkatkan suasana hati seseorang.

Selain itu, alunan musik yang mengiringi senam irama diketahui dapat membantu menurunkan produksi hormon stres dengan efektif. Dengan begitu, ketenangan dan perasaan bahagia akan muncul dalam diri Anda.

8. Membantu Mengembangkan Karakter Diri

Senam irama juga bisa menjadi salah satu sarana untuk mengembangkan karakter diri. Lantaran, senam irama membutuhkan tekad kuat karena perlu melatih kemampuan serta keterampilan diri dalam melakukan berbagai macam gerakan.

Dengan tekad kuat yang dibangun melalui senam irama ini, Anda akan terlatih menjadi pribadi yang tangguh serta pantang menyerah.

Itulah manfaat senam irama untuk kesehatan fisik dan mental.***