Manfaat Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Mental dan Cara Melakukannya dengan Baik

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jiwa Melaui Aktivitas Sehari-hari
Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jiwa Melaui Aktivitas Sehari-hari

Healmind – Simak manfaat olahraga untuk menjaga kesehatan mental dan cara melakukannya dengan baik, di sini.

Ada beragam manfaat yang dapat diperoleh dengan berolahraga, mulai dari memelihara hingga meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Tak hanya bermanfaat secara fisik, olahraga juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mental. Olahraga merupakan salah satu cara paling praktis dan sederhana untuk menjaga kesehatan mental dan fisik.

Tubuh yang kuat dibangun melalui aktifitas fisik atau dengan berolahraga dan riset menyatakan, berolahraga dapat merawat kesehatan emosi serta mencegah gangguan depresi. Riset yang dipublikasikan di American Journal of Psychiatry pada 2017 yang meneliti 22.000 partisipan warga Norwegia menemukan hubungan kuat antara tidak berolahraga dan gangguan depresi.

Penelitian jangka panjang selama 11 tahun ini memetakan kebiasaan olahraga dan gejala-gejala depresi serta kecemasan ribuan partisipan di Norwegia.

Olahraga tidak hanya bisa membantu meningkatkan kesehatan fisik semata, namun kegiatan fisik ini juga baik untuk kesehatan mental kita, misalnya dengan rutin jogging atau berjalan cepat di taman. Adapun manfaat yang dapat dirasakan dengan berolahraga, yaitu :

1. Memperbaiki Mood

2. Mengurangi stres

3. Mengatasi Depresi Dan Kecemasan

4. Meningkatkan Fungsi Otak

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

6. Mempertajam Memori

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

8. Memperlambat Terjadinya Penurunan Kognitif dan Demensia

Banyak sekali jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, menurut Barbara Nosal, Ph.D., 30 menit berolahraga dapat meningkatkan produksi serotonin atau suatu neurotransmitter yang terkait dengan pengaturan suasana hati, perilaku sosial, kualitas tidur, nafsu makan, dan memori.

Semua manfaat yang diperoleh dengan berolahraga akan mempengaruhi keseimbangan pikiran dan tubuh dan di sinilah mengapa olahraga sangat penting untuk kesehatan mental.

Tidak ada patokan waktu paling baik untuk berolahraga, baik dilakukan pagi, siang, sore maupun malam hari akan tetap membawa manfaat bagi kesehatan.

Selain itu untuk memaksimalkan olahraga sangat penting untuk mengkonsumsi vitamin C sebelum atau setelah melakukan olahraga. Dengan mengkonsumsi vitamin C sebelum berolahraga dipercaya mampu membakar kalori lebih banyak, bahkan setelah olahraga selesai.

Sebagai antioksidan, vitamin C juga diketahui dapat membuat Anda tahan berolahraga lebih lama dan pulih lebih cepat setelah berolahraga. Selain itu, vitamin ini juga bisa membuat Anda merasa lebih semangat dan berenergi untuk berolahraga.

Berbagai jenis olahraga dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, yaitu jalan santai, yoga, berenang, olahraga HIIT(High Intensity Interval Training) cardio, dan bersepeda. Semua manfaat tersebut baru dapat dirasakan jika rutin berolahraga, diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya, seperti makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Hal ini akan membuat suasana hati meningkat, karena adanya peningkatan kadar hormon endorfin dan secara tidak langsung akan terhindar dari depresi maupun penyakit mental lainnya.

Itulah manfaat olahraga untuk menjaga kesehatan mental dan cara melakukannya dengan baik.***