Manfaat Mendengarkan Musik Metal untuk Kesehatan Mental

Daftar Gangguan Kesehatan Mental yang Bisa Dibantu dengan Terapi Musik dan Manfaatnya
Daftar Gangguan Kesehatan Mental yang Bisa Dibantu dengan Terapi Musik dan Manfaatnya

Healmind – Simak manfat mendengarkan musik metal untuk kesehatan mental, di sini

Perlu diketahui, otak manusia merespons musik dengan cara yang menarik. Banyak orang mungkin mengidentifikasi musik sebagai bentuk ekspresi emosional.

Sebagian orang juga mengidentifikasi musik sebagai gambaran perjalanan hidupnya. Musik juga dapat dikaitkan dengan ingatan tertentu, baik dan buruk.

Manfaat musik heavy metal untuk kesehatan

Biasanya lagu-lagu metal memasangkan lirik emosional dengan ciri khas genre suara yang keras.

Uniknya, mendengarkan musik metal dapat membantu kita memproses emosi yang intens seperti kemarahan sekaligus menghilangkan stres.

Riset 2002 yang diterbitkan dalam Journal of Music Therapy juga membuktikan bahwa music heavy metal memberikan manfaat berikut:

  • Mengurangi depresi

Depresi adalah kondisi kesehatan mental yang menyebabkan suasana hati rendah dan kehilangan minat pada hal-hal yang biasa Anda nikmati.

Jika Anda menyukai musik metal, mendengarkan genre ini dapat membantu mengurangi emosi negatif yang mungkin Anda rasakan.

Ini juga dapat membantu mengurangi kadar kortisol, yang dapat mengurangi stres.

  • Meningkatkan fokus

Sebuah survei tahun 2019 yang diikuti sekitar 90.000 peserta juga menyatakan bahwa musik metal membantu meningkatkan fokus.

Para peserta melaporkan bahwa berbagai jenis musik, dari musik klasik hingga soundtrack video game, membantu mereka fokus.

Namun diperkirakan 2.000 peserta secara khusus mengatakan metal paling membantu untuk fokus mereka.

  • Meredakan kecemasan

Banyak orang mengaitkan musik metal dengan kekacauan dan kekerasan. Padahal, penelitian tersebut menemukan bahwa musik metal justru mengurangi tekanan darah, yang berdampak positif pada tingkat kecemasan.

Musik metak yang terdengar keras dan penuh amarah juga membantu pendengarnya memproses perasaan mereka, sehingga menimbulkan sensasi lega.

  • Meningkatkan aktivitas otak

Aktivitas otak berbanding lurus dengan sirkulasi darah. Mendengarkan musik metal yang ceria meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan distribusi oksigen di otak.

Suara keras menjadi ciri musik heavy metal. Meski terdengar berisik, musik metal justru membantu otak tetap waspada. Musik metal juga membantu meningkatkan daya ingat dan kapasitas intelektual.

Itulah manfat mendengarkan musik metal untuk kesehatan mental.***