Manfaat Konseling untuk Remaja

8 Fase Terapi EMRD dan Cara Kerjanya
8 Fase Terapi EMRD dan Cara Kerjanya

Healmind –Simak manfaat konseling untuk remaja, di sini.

Dikutip dari laman resmi BPK Penabur Jakarta, dalam menghadapi tantangan di atas, seorang remaja pastinya memiliki kapasitas, kemampuan dan cara yang berbeda-beda dari tiap remaja. Lingkungan keluarga, sekolah dan pertemanan pun juga memiliki kontribusi yang besar terhadap kemampuan remaja dalam menghadapi tantangan tersebut.

Remaja biasanya mencari pertolongan lewat teman sebayanya dan enggan untuk mencari pertolongan kepada orang tua maupun guru BK nya di sekolah. Kebanyakan anak remaja membutuhkan ruang dan merasa seolah orang tua menekan mereka.

Itulah sebabnya kebanyakan anak cenderung menarik diri saat mencapai masa remaja dan tidak ingin banyak berhubungan dengan orang tua mereka.

Mereka memang mengalami kondisi yang sama dengan remaja pada umumnya namun tentunya mereka belum memiliki kapasitas untuk dapat membimbing remaja lain secara professional dan juga melihat perjalanan kehidupan secara menyeluruh.

Manfaat Konseling untuk Remaja

Melalui konseling dengan konselor professional (seperti guru BK dan Psikolog), remaja bisa mendapatkan:

  1. Tempat yang nyaman untuk bercerita dan berdiskusi tentang masalah personal
  2. Seseorang yang benar-benar dapat dipercaya
  3. Seorang professional yang mengerti jalan pemikiran remaja dan dapat memberikan pendampingan kepada mereka dalam menjalani pergumulan
  4. Kesempatan untuk membicarakan masalah yang dihadapi daripada memendamnya sendiri

Konseling remaja sebenarnya tidak hanya untuk remaja dengan masalah kepribadian atau perilaku namun juga diperlukan bagi remaja yang bingung atau kewalahan mengalami masa remajanya.

Meskipun memang penting bahwa anak-anak yang memiliki masalah terkait masa remaja mereka menjalani konseling, namun konseling juga penting bagi setiap remaja pada umumnya karena dapat membantu mereka lebih memahami perubahan yang mereka alami dan mendapatkan bekal bagaimana cara menjalani kehidupan masa remaja mereka.***