Manfaat Konseling Psikologi untuk Remaja

Pengertian Terapi Snoezelen dan Manfaatnya untuk Gerakan Motorik Anak
Pengertian Terapi Snoezelen dan Manfaatnya untuk Gerakan Motorik Anak

Healmind – Simak manfaat konseling psikologi untuk remaja, di sini.

Ada banyak upaya yang dilakukan orang tua dan masyarakat guna mendorong buah hatinya dapat menjadi sosok yang berdaya guna dan juga menjadi contoh teladan yang baik bagi lingkungannya, dalam berbagai situasi dan kondisi masih ada anak remaja yang berperilaku diluar harapan orang tua atau masyarakat.

Dengan perilaku negatif yang dimunculkannya membuat orang tua dan masyarakat prihatin dan juga khawatir.

Penyebab Remaja Bermasalah

Ada banyak hal yang membuat anak remaja bermasalah dalam kehidupannya. Permasalahan yang mereka hadapi selain berdampak negatif bagi diri sendiri juga berdampak negatif bagi orang lain dilingkungannya.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Dompu, berikut beberapa penyebab anak remaja bermasalah;

1. Keluarga

2. Lingkungan

3. Pergaulan

4. Sekolah

5. Krisis identitas

6. Kontrol diri lemah

7. Sering bolos sekolah

8. Kurang pemahaman agama

9. Kondisi ekonomi

10. Penyalahgunaan teknologi informasi

Manfaat Konseling Psikologi untuk Remaja

Kenakalan anak merupakan wujud dari dinamika psikologis yang terjadi karena adanya tumbuh dan kembang yang dialami individu siswa yang mengarah pada terjadinya perilaku yang berbeda. Perilaku yang menyimpang yang dilakukan anak banyak disebabkan karena pengaruh dari luar atau teman sebaya.

Perilaku siswa yang menyimpang atau mengalami kenakalan dapat diperbaiki dengan perilaku yang baik melalui pemberian stimulus yang baik dengan memperkuat perilaku adaptif dan memeperlemah perilaku yang menyimpang dengan pengkondisian yang tetap.

Konseling psikologi dapat menjadi salah satu dari banyak strategi untuk dapat dipergunakan dalam mengatasi permasalahan remaja. Melalui proses konseling psikologi berbagai persoalan yang dianggap menjadi pemicu permasalahan remaja dapat digali dengan baik dan terarah.***