Manfaat Ketawa untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Manfaat Ketawa untuk Kesehatan Mental dan Fisik
Manfaat Ketawa untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Healmind – Simak beberapa manfaat ketawa untuk kesehatan fisik dan mental, di sini.

Dikutip dari laman resmi Primaya Hospital, selama ini diketahui bahwa upaya menjaga kesehatan jantung lebih banyak berhubungan dengan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga, menjauhi rokok, dan makan makanan sehat. Tapi ternyata ada juga cara yang lebih dekat dengan keseharian kira, yakni tertawa.

Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Berbagai studi menemukan beragam manfaat tertawa buat kesehatan, tidak hanya kesehatan jantung. Berikut ini beberapa di antaranya:

Membakar kalori dan menguatkan otot

Tertawa 10-15 menit sehari bisa membakar hingga 40 kalori. Selain itu, tertawa terbahak-bahak hingga perutnya seperti tertekan ternyata bisa membuat otot perut lebih kuat. Sebab, otot diafragma terpengaruh saat tertawa.

Meningkatkan ingatan

Sebuah studi pernah dilakukan terhadap orang tua berusia sekitar 60 dan 70 tahun yang diminta menjalani tes ingatan. Para peserta studi dibagi dua, sebagian menonton video lucu dulu sebelum mengerjakan tes dan sebagian lain tidak. Hasilnya, peserta yang tertawa sebelum menggarap tes memiliki 43,6 persen peningkatan memori dibanding yang tidak.

Menurunkan kortisol

Riset yang sama dengan soal peningkatan ingatan menemukan orang yang tertawa dan menyukai humor punya kadar hormon stres kortisol yang lebih rendah. Kadar kortisol yang lebih rendah berarti jauh dari berbagai risiko penyakit yang terkait dengan stres.

Meningkatkan imun

Pada orang yang mudah tertawa, didapati daya tahan tubuh lebih baik dalam melawan sel pemicu penyakit, termasuk kanker dan HIV. Karena itu, terapi tawa kadang diselipkan dalam program perawatan pasien kanker. Bukan hanya penyakit serius, gangguan kesehatan yang biasa seperti demam dan flu pun bisa dicegah dengan hobi tertawa.

Memperbaiki mood

Tertawa juga dapat memperbaiki kondisi suasana hati alias mood. Mood terkait dengan kesehatan, khususnya kesehatan mental. Dengan banyak tertawa, orang juga bisa meningkatkan kepercayaan diri sembari mengurangi kecemasan dan depresi.

Meningkatkan aliran darah

Tertawa meningkatkan aliran darah dengan melebarkan lapisan dalam pembuluh darah yang disebut endotelium. Dengan tertawa, beta-endorfin di hipotalamus terlepas, yang pada akhirnya memicu pelepasan oksida nitrat dan melebarkan pembuluh darah. Oksida nitrat adalah bahan kimia yang juga dapat melindungi jantung dengan cara mengurangi peradangan dan mencegah pembentukan plak kolesterol.

Menurunkan stres

Stres bisa membuat pembuluh darah menyempit. Bila pembuluh darah menyempit, aliran darah akan terganggu dan bisa menyebabkan penyakit jantung, termasuk serangan jantung. Sedangkan tertawa dapat mengurangi hormon pemicu stres, seperti kortisol dan epinefrin, serta meningkatkan hormon yang bisa menenangkan hati, misalnya endorfin.

Menambah antibodi

Antibodi berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Tertawa diketahui dapat menambah jumlah sel antibodi yang artinya bisa memperkuat sistem imun dan menangkal penyebab penyakit dari luar.***