5 Manfaat Bernyanyi, Termasuk Perkuat Imun dan Kesehatan Mental

manfaat bernyanyi
Manfaat bernyanyi bisa tingkatkan kesehatan mental.

Siapa yang tidak suka bernyanyi? Sayang sekali kalau kamu tidak suka, karena sejatinya banyak sekali manfaat bernyanyi.

Bernyanyi identik dengan bersenang-senang, baik saat Anda sendirian maupun bersama teman-teman. Namun bernyanyi ternyata punya lebih banyak manfaat yang tidak terduga untuk Anda.

1. Manfaat bernyanyi yang instan, meredakan stres  

Bernyanyi dapat melepaskan perasaan yang distimulasi oleh hormon endorfin dan oksitosin. Selain itu, pelepasan kedua hormon ini juga dapat meredakan stres Anda.

Setelah bernyanyi, hormon stres atau kortisol pada saliva partisipan pada studi tahun 2017 juga berkurang yang menunjukkan jika mereka merasa lebih rileks setelah bernyanyi.

2. Menstimulasi Sistem Imun

Saat Anda bernyanyi, tubuh Anda akan melepaskan tingkat immunoglobulin A yang lebih tinggi, yaitu antibody yang dilepaskan tubuh untuk menjaga Anda dari infeksi.

Selain meningkatkan imun tubuh, manfaat bernyanyi adalah juga untuk membantu Anda merasa lebih baik saat sedang sakit.

3. Meningkatkan Kekompakan dengan Teman

Jika Anda sering bernyanyi dengan teman, Anda sedang memperkuat ikatan pertemanan Anda, sama halnya seperti dalam permainan atau olahraga bersama. Penelitian tahun 2016 menunjukkan jika kelompok partisipan yang bernyanyi bersama menunjukkan sense of well-being serta koneksi yang lebih bermakna dibandingkan mereka yang bernyanyi sendiri.

Manfaat bernyanyi selanjutnya adalah agar tubuh melepaskan hormon oksitosin. Oksitosin merupakan hormon cinta sehingga Anda dan teman-teman akan merasa lebih kompak dan terhubung dengan erat.

4. Manfaat bernyanyi, meningkatkan Suasana Hati dan Kesehatan Mental

Pada studi tahun 2018, partisipan mengalami peningkatan pada kesehatan mental, suasana hati, sense of well-being, maupun feeling of belonging setelah mengikuti program menyanyi.

Selain itu, kegiatan menyenangkan seperti bernyanyi juga dapat mengurangi kecemasan dan mendorong Anda untuk sejenak melepaskan pikiran negatif dan emosi negatif.

5. Berolahraga Sekaligus Memperbaiki Postur Tubuh

Bagi orang-orang yang terluka, lanjut usia, maupun disabled, bernyanyi dapat menjadi bentuk dari olahraga sederhana. Paru-paru akan merasa seperti sedang berolahraga saat Anda bernyanyi dengan teknik yang tepat dan vokal yang baik.

Bernyanyi juga membuat Anda berdiri lebih tegak sehingga Anda mungkin memiliki postur yang lebih baik.

Jadi, lagu favorit apa yang akan Anda nyanyikan hari ini?