Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Pengertian Terapi Musik, Kegunaan, Mekanisme, dan Manfaatnya
Pengertian Terapi Musik, Kegunaan, Mekanisme, dan Manfaatnya

Healmind – Simak manfaat bangun pagi untuk kesehatan fisik dan mental, di sini.

Ada banyak manfaat bangun pagi yang sayang untuk dilewatkan, baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Kebiasaan ini mungkin tidak mudah diterapkan, khususnya bagi Anda yang memiliki tuntutan pekerjaan hingga malam hari. Namun, jangan khawatir. Anda tetap bisa mencoba dan membiasakannya secara perlahan.

Agar lebih termotivasi, mari ketahui apa saja manfaat bangun pagi untuk kesehatan tubuh selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Manfaat Bangun Pagi bagi Tubuh

Manfaat bangun pagi cukup beragam, mulai dari menjaga kesehatan kulit, mendukung produktivitas sepanjang hari, meningkatkan kualitas tidur, dan masih banyak lagi. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Waktu Baik untuk Sarapan

Bangun pagi membuat Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menyiapkan sarapan sehat. Dalam hal ini, secara tidak langsung, manfaat bangun pagi berkaitan erat dengan kualitas asupan makanan yang dicerna seseorang.

Bangun siang biasanya membuat seseorang untuk memilih makanan cepat saji atau bahkan melewatkan sarapan karena terburu-buru. Perlu diketahui, perut yang kosong karena melewatkan sarapan dapat membuat tubuh kekurangan energi dan akhirnya memengaruhi produktivitas.

Selain itu, melewatkan sarapan di pagi hari juga dapat membuat gula darah menurun di siang hari, sehingga bisa menyebabkan seseorang merasa sangat lapar. Akibatnya, seseorang cenderung memilih asupan secara asal untuk sekadar menghilangkan rasa lapar, seperti gorengan atau minuman manis.

2. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Suasana Hati

Kebiasaan bangun pagi dapat membuat seseorang berpikir lebih positif dan lebih aktif dalam menjalani hari. Selain itu, bangun pagi juga diketahui bisa menciptakan rasa bahagia, di mana perasaan ini mengacu pada suasana hati secara umum sepanjang hari.

Bangun bagi juga dipercaya dapat menurunkan risiko stres. Misalnya, Anda bisa berangkat ke kantor lebih awal sehingga terhindar dari macet dan keterlambatan yang dapat memicu perasaan stres. Perlu diketahui, stres berkepanjangan dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh yang berdampak negatif bagi kesehatan.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kebiasaan bangun di pagi hari rupanya juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit. Dengan bangun lebih awal, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan perawatan kulit seperti eksfoliasi wajah.

Selain itu, Anda juga bisa berjemur di bawah sinar matahari pagi yang baik bagi kesehatan kulit. Anda disarankan untuk berjemur di antara jam 8–10 pagi selama 10–15 menit.

4. Memiliki Waktu untuk Olahraga Pagi

Manfaat bangun pagi berikutnya yaitu membuat Anda memiliki cukup waktu untuk berolahraga sebelum memulai rutinitas atau pekerjaan.

Selain itu, berolahraga sembari menghirup udara pagi hari yang segar dan sejuk diketahui dapat membantu meningkatkan imun dan memberi efek positif bagi tubuh, seperti meningkatkan kinerja paru-paru dan efisiensi fungsi setiap sel dalam tubuh serta meningkatkan serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati.

5. Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Manfaat bangun pagi selanjutnya adalah dapat meningkatkan konsentrasi. Dengan bangun lebih awal, Anda akan memiliki waktu untuk merencanakan aktivitas yang hendak dilakukan sepanjang hari. Anda pun bisa lebih fokus untuk melaksanakan daftar kegiatan tersebut.

Bangun pagi juga termasuk salah satu kebiasaan sehat yang dapat membantu meningkatkan produktivitas. Manfaat bangun pagi ini bisa diperoleh karena beberapa alasan, yaitu:

  • Lebih mudah fokus pada tugas penting tanpa adanya gangguan yang berarti.
  • Pikiran menjadi lebih jernih.
  • Memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bangun pagi rupanya juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Kebiasaan ini dapat mengurangi risiko gangguan tidur atau insomnia sehingga tubuh bisa beristirahat dengan cukup.

Selain memberikan kualitas tidur yang baik, bangun di pagi hari juga akan membuat tubuh menjadi lebih segar. Rutinitas ini dapat membantu mengurangi risiko stres atau masalah mental lainnya yang sering kali menyebabkan pengidapnya mengalami gangguan tidur.

7. Merasa Lebih Tenang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bangun lebih awal di pagi hari akan memberikan seseorang lebih banyak waktu luang untuk melakukan beberapa hal seperti memasak sarapan, merawat kulit, dan berolahraga dengan tenang tanpa merasa khawatir akan terlambat bekerja.

Itulah sejumlah manfaat bangun pagi untuk kesehatan yang sayang dilewatkan. Untuk menerapkan kebiasaan baik ini, Anda bisa memulai beberapa hal sederhana seperti tidur lebih awal di malam hari, menjauhkan ponsel dari jangkauan, dan menghindari begadang.

Itulah manfaat bangun pagi untuk kesehatan fisik dan mental.***