Kenali 5 Love Language, Biar Hubungan dengan Pasangan Makin Sweet

Pengertian Konseling Pernikahan dan Masalah yang Bisa Diatasi
Pengertian Konseling Pernikahan dan Masalah yang Bisa Diatasi

Healmind – Pernahkah kamu mendengar istilah 5 love language? Akhir-akhir menjadi topik pembicaraan yang hangat dibicarakan. Karena semakin banyak orang yang menyadari pentingnya mengekspresikan rasa sayang yang tepat kepada pasangan.

Ketika berada dalam sebuah relationship tentunya setiap orang memiliki caranya masing-masing. Cara tersebut digunakan untuk mengekspresikan rasa sayang yang dimiliki kepada pasangan. 

Mengenal lebih dalam dan mengetahui jenis 5 love language alias bahasa cinta akan membantu kita mengekspresikan rasa sayang. Mengetahui jenis bahasa cinta dapat memberikan perilaku dan mengekspresikan bahasa cinta yang tepat kepada pasangan.

Mungkin saja, dengan memelihara hubungan dengan pasangan atau orang yang kita kasihi, baik dalam ikatan pernikahan maupun bukan. Pastinya kita memiliki bahasa cinta kita masing-masing. Nah, apakah bahasa cinta yang kamu berikan kepada pasangan sudah termasuk ke dalam deretan 5 bahasa cinta yang mau kita bahas kali ini?

Yuk! Kenalan dengan 5 bahasa cinta ini. Siapa tahu, ada satu atau beberapa yang ternyata selama ini belum pernah kamu berikan secara intens kepada pasanganmu.

1. Words of Affirmation

Jenis bahasa cinta yang pertama adalah words of affirmation. Penggambaran secara sederhananya orang-orang yang memiliki atau mengutarakan bahasa cintanya menggunakan tipe ini mengungkapkan melalui kata-kata. Cara mengekspresikan rasa sayangnya melalui kata-kata afirmasi, dapat berupa pujian ataupun apresiasi secara verbal. Pasangan akan merasa senang bila pasangan memberikan pujian berupa kata-kata seperti “kamu hebat sekali ya” dan lain sebagainya.

2. Quality Time

Selanjutnya adalah quality time atau menghabiskan waktu yang berkualitas dengan pasangan. Pada tipe bahasa cinta yang satu ini perhatian yang diberikan khusus kepada pasangan dan waktu. Jadi, kita memfokuskan segala perhatian secara penuh kepada pasangan tanpa adanya gangguan-gangguan. Salah satu bentuk gangguan yang sering terjadi di era digital ini adala handphone. Perilaku yang perlu dilakukan untuk mencapai tipe bahasa cinta ini adalah meletakan handpohone yang kita miliki dan memfokuskan seluruh perhatian kepada pasangan. Sehingga lebih terfokus pada kualitas hubungan yang dimiliki.

3. Physical Touch

Tipe yang selanjutnya yang akan dibahas adalah bahasa cinta physical touch atau sentuhan fisik. Tentunya sentuhan fisik menjadi hal yang paling utama yang diharapkan dari tipe bahasa cinta ini. Adapun beberapa contoh sentuhan fisik yang dapat dilakukan untuk mengekspresikan tipe bahasa cinta ini. Seperti berpelukan, bergandengan tangan, membelai rambut dan beberapa jenis sentuhan lainnya. Ternyata sentuhan fisik yang dilakukan antara pasangan dapat menjadi media penghubung emosi yang kuat antara kedua pasangan.

4. Acts of Service

Pelayanan merupakan hal utama dalam bahasa cinta tipe acts of service. Bahasa cinta ini mengekspresikan melalui tindakan melayani. Melihat bahwa tindakan nyata lebih baik dibandingkan dengan tindakan secara verbal. Seperti membawakan makanan ketika pasangan sedang sakit, membuatkan minuman.

5. 5 love language terakhir, tapi gak kalah penting: Receiving Gifts

Selanjutnya tipe bahasa cinta yang terakhir yaitu receiving gifts atau menerima hadiah. Mendapatkan hadiah dari pasangan dapat dilihat sebagai simbol cinta yang sangat signifikan. Apabila hadiah yang diberikan dapat mempresentasikan seberapa baik mengenal pasangan maka pasangan akan merasa sangat dicintai. 

Bahasa cinta yang dimiliki oleh seseorang tidak terlepas dari akar pola asuh orangtua. Bagaimana orangtua memperlakukan anak akan berpengaruh terhadap jenis bahasa cinta yang dimiliki. 

Nah, supaya lebih mengenal tentang 5 love language yang kita miliki, terdapat beberapa media yang dapat memfasilitasi untuk melakukan tes bahasa cinta. Seperti https://www.psychologies.co.uk/tests/whats-your-love-language.html, dan https://www.5lovelanguages.com/