Jenis-jenis Konseling Karier dan Manfaatnya

Gangguan Kecemasan Sosial: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya
Gangguan Kecemasan Sosial: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Healmind – Simak jenis-jenis layanan konseling karier dan manfaatnya, di sini.

Konseling karir adalah layanan yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan jalur karir yang tepat. Konselor karier akan membantu kita menemukan karir yang cocok dan sesuai dengan potensi diri kita.

Lalu apa saja layanan konseling karir yang dapat membantu kita? Dikutip dari laman resmi ITB.ac.id, , berikut adalah beberapa layanan konseling karir.

Jenis-jenis Konseling Karier dan Manfaatnya

  • Bimbingan karir

Bimbingan karir membantu kita menentukan pekerjaan yang akan kita lakukan, terutama jika kita tidak memiliki pengalaman bekerja seebelumnya. Konselor karir dapat membantu kita untuk menilai keahlian yang kita miliki, mengidentifikasi tujuan karir dan memberi tahu kita tentang kemungkinan karier yang akan kita hadapi.

Pertama kita akan berdiskusi dengan konselor pada saat bimbingan karir. Kemudian kita akan diminta untuk tes bakat atau penilaian kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) untuk menentukan pilihan karier terbaik untuk kita. MBTI adalah kuesioner pertanyaan situasional dan perilaku yang bertujuan untuk mengevaluasi pandangan kita dan bagaimana proses pengambilan keputusan yang kita lakukan.

  • Saran wawancara

Wawancara kerja adalah salah satu tahapan penting dalam proses perekrutan. Di sini kita harus memberikan kesan pertama yang baik di depan pewawancara. Konselor karir akan membantu kita menghadapi proses rekrutmen salah satunya wawancara dengan melakukan pelatihan. Kita akan mempelajari tentang struktur wawancara, jawaban efektif untuk pertanyaan umum, dan penggunaan bahasa tubuh untuk memberikan kesan terbaik. Mereka menawarkan tips untuk wawancara yang sukses dan membimbing kita dengan cara professional. Sehingga kita siap melakukan wawancara kerja.

  • Konseling perubahan pekerjaan

Banyak orang yang ingin mengubah pekerjaan atau karir setelah sekian lama bekerja di bidan tersebut. Seorang konselor karier dapat membantu kita secara cermat mengatur perubahan karir atau mengevaluasi ulang tujuan karir kita.

Jika kita sedang mempertimbangkan karier baru, saran dari konselor karir dapat membantu kita untuk mengidentifikasi dan menilai pilihan karir kita yang baru.

Layanan konseling karir dapat membantu kita untuk lebih mengenal diri kita dan potensi apa yang kita miliki. Di sini kita dapat meminta bantuan layanan konseling karier dengan meminta saran dan mengikuti pelatihan karir yang ada. Dengan begitu, kita akan menemukan karir yang tepat yang sesuai dengan potensi diri.***